Mie Ayam Joyo Roso Klaten, Antara Mie Ayam Bakso dan Mie Ayam Tetelan

Mie Ayam Joyo Roso merupakan salah satu warung mie ayam yang letaknya berdekatan dengan kawasan wisata Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Keberadaan warung mie ayam ini muali dikenal ketika beberapa orang mengupload foto sajian mie ayam ini ke sosial media. Menu andalan warung mie ayam ini adalah mie ayam bakso dan mie ayam daging tetelan.

Mie Ayam Joyo Roso (Joyoroso) terletak di Jalan Prambanan-Manisrenggo, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi Mie Ayam Joy Roso terletak di tepi Jalan Prambanan-Manisrenggo dimana sebagai akses jalan utama menuju kawasan Candi Plaosan. Rute dari simpang lampu merah Candi Prambanan yang dekat gerbang masuk masih lurus ke timur ke arah Klaten/Solo. Sesampai di perempatan lampu merah pertama ambil jalan ke kiri menuju arah Candi Plaosan. Ikuti jalan tersebut sejauh 1-2 kilometer dan posisi warung tersebut berada di sebelah kanan jalan. Bila pengunjung dari arah candi Plaosan (arah utara) ke selatan melewati Warung Kopi Prambanan dan letaknya sebelum hotel Galuh. Area parkir yang disediakan cukup terbatas namun cukup untuk menampung sekitar 3 (tiga) kendaraan beroda empat dan belasan kendaraan beroda dua.

Penyajian menu mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Joyo Roso menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 1 (satu) bakso sapi berukuran agak besar. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan bakso sapi diletakkan pada bagian tepi mangkok. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk sedikit bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya terlihat agak kuning kecoklatan karena tercampur dengan kuah toppingnya. Cita rasa sajian mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Joyo Roso cenderung gurih dengan kombinasi rasa manis dan asin yang berimbang. Bagi saya sendiri ada kemiripan rasa sajian mie ayam ini dengan sajian mie ayam khas Wonogiri. Untuk cita rasa bakso sapinya sendiri tergolong menarik dengan cita rasa daging sapi yang cukup terasa yang berpadu dengan bumbu penyusun bakso.

Baca Juga  Sate Klathak Pak Bari, Kuliner Sate Kambing Di Dalam Pasar Jejeran Bantul

Penyajian menu mie ayam tetelan di Warung Mie Ayam Joyo Roso menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan tetelan daging sapi. Porsi tetelan sapi cukup melimpah dan hampir memenuhi permukaan bakmi. Kuahnya terlihat kuning agak terang karena pencampuran antara kuah dari rebusan tetelan atau kuah bakso dengan kuah topping. Cita rasa sajian mie ayam tetelan di Warung Mie Ayam Joyo Roso cenderung gurih dan asin dengan sedikit rasa manis. Perbedaan cita rasa antara mie ayam bakso dengan mie ayam tetelan diduga karena kuah yang digunakan dan keberadaan tetelan itu sendiri. Untuk tetelan sapi sendiri cukup empuk ketika dikunyah dan tidak terasa hambar karena bumbunya cukup meresap. Bagi saya pribadi saya lebih memilih sajian mie ayam tetelan daripada mie ayam bakso yang suda sering ditawarkan warung mie ayam. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Joyo Roso tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar Prambanan Klaten. Secara keseluruhan menu Mie Ayam Tetelan di Warung Warung Mie Ayam Joyo Roso cukup direkomendasikan sebagai salah satu mie ayam tetelan terenak di Prambanan Klaten. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Joyo Roso
Overall
7.6/10
7.6/10
  • Mie Ayam - 7.4/10
    7.4/10
  • Mie Ayam Bakso - 7.6/10
    7.6/10
  • Mie Ayam Tetelan - 7.7/10
    7.7/10
INFORMASI
Mie Ayam Joyo Roso
Jl. Prambanan-Manisrenggo, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat