Mie Ayam Geprek, Sajian Unik Warung Mie Ayam Jogonegaran Yogyakarta

Mie Ayam Jogonegaran merupakan salah satu daya tarik kuliner mie ayam di sekitar daerah Patuk Yogyakarta. Keberadaannya belum terkenal karena belum lama membuka dagangannya. Menu utama yang ditawarkan warung mie ayam ini adalah mie ayam dengan topping ayam geprek.

Mie Ayam Jogonegaran terletak di Jalan Pajeksan, kampung Jogonegaran, kelurahan Sosromenduran, kecamatan Gedongtengen, kotaYogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Jogonegaran berada di sebelah utara dari kawasan Pasar Patuk Yogyakarta atau di tepi jalan kampung Jogonegaran. Warung mie ayam tersebut berdiri di tepi jalan menggunakan area trotoar depan bekas rumah makan padang. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di sekitar warung mie ayam tersebut. Menu yang ditawarkan warung mie ayam ini antara lain mie ayam biasa, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam geprek, dan mie ayam komplit.

Porsi mie ayam geprek di Warung Mie Ayam Jogonegaran terbilang standar atau bisa dikatakan tidak lebih dan tidak kurang. Antara mie dan kuah dicampur menandakan sajian mie ayam ini condong kepada mie ayam biasa atau mie ayam khas Jawa. Bakmi atau mie berukuran tanggung dan sedikit bergelombang seperti mie yang digunakan pada mie ayam Jawa umumnya. Hal yang menarik dari sajian mie ayam ini adalah topping yang digunakan adalah ayam geprek. Selain itu dibagian atas diberi tambahan satu dua sendok acar, dua potong pangsit goreng, dan taburan rajangan daun loncang atau daun bawang.

Baca Juga  Nikmatnya Kopi Bali Khas Munduk

Cita rasa yang ditawarkan mie ayam geprak di Warung Mie Ayam Jogonegaran adalah rasa gurih, asin, pedas, dan sedikit asam karena tambahan acar. Rasa gurih dan manis timbul dari bumbu dasar dan bumbu minyak dari mie ayam. Rasa masam atau asam dari penambahan acar. Sedangkan rasa pedas sendiri berasal dari bumbu geprek dimana tersusun dari bawang putih, garam, dan cabe. Variasi rasa yang cukup banyak tersebut tidak atau belum terbiasa bagi penikmat hidangan mie ayam yang hanya didominasi rasa manis atau asin saja.

Bagi saya pribadi penambahan ayam geprek pada sajian mie ayam terasa kurang menyatu karena ayam geprek sendiri merupakan hidangan kering atau hidangan makanan tidak berkuah. Ayam geprek sendiri cukup mengandung banyak minyak sehingga kuah mie ayam menjadi berlebihan jumlah minyaknya. Selain itu bumbu geprek yang menggunakan bawang putih menjauhkan rasa mie ayam baik mie ayam berkarakteristik Jawa ataupun Jakarta. Namun nilai kesukaan hidangan mie ayam geprek ini tidak menjadi masalah karena rasa kembali kepada penikmat mie ayam sendiri. Sedikit informasi, harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Jogonegaran tergolong lebih mahal dibandingkan dengan mie ayam biasa karena menggunakan topping dari ayam geprek. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Jogonegaran
  • 6.9/10
    Mie Ayam Geprek - 6.9/10
6.9/10
INFORMASI
Mie Ayam Jogonegaran
Jl. Pajeksan, kampung Jogonegaran, kelurahan Sosromenduran, kecamatan Gedongtengen, kotaYogyakarta.

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d habis

Kirim pendapat