Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo Bawah Jembatan Layang Janti Yogyakarta

Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo Bawah Jembatan Layang Janti Yogyakarta
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo merupakan salah satu warung kakilima yang menjajakan hidangan mie ayam khas Jakarta di bawah jembatan layang Janti Yogyakarta (Janti fly over). Keberadaannya cukup dikenal bagi penyuka mie ayam Jakarta yang tinggal tidak jauh dari kawasan tersebut. Warung ini buka sejak sore hari hingga menjelang tengah malam atau habis.

Lokasi Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo tepat di sebelah selatan perlintasan rel kereta api Janti pada sisi timur jalan. Cukup mudah menemukan warung mie ayam ini karena warung ini merupakan satu-satunya warung mie ayam jakarta yang berada di bawah jembatan layang Janti. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja karena keterbatasan lahan parkir dan sempitnya area di bawah jembatan layang. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam pangsit, mie ayam bakso atau mie ayam komplit dengan bakso, pangsit rebus, dan goreng.

Penyajian menu mie ayam pangsit rebus atau basah menggunakan mangkok putih khas mie ayam bergambar ayam jago dan kuahnya diletakkan dalam mangkok yang lebih kecil. Pada semangkok mie terdiri dari mie, potongan sawi hijau rebus, topping daging ayam, dan potongan daun bawang. Sedangkan pangsit rebus digabung menjadi satu dengan kuah mie ayam. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tipis dan panjang seperti mie yang digunakan pada mie ayam Jakarta dan yammie ayam. Bakmi atau mie terasa cukup kenyal dengan tekstur sedikit basah. Topping ayam yang digunakan menggunakan daging ayam yang dipotong dadu seperti mie ayam Jawa namun cita rasanya cenderung gurih dan sedikit asin. Keberadaan potongan daun bawang menambah kesegeran sajian mie ayam ini.

Cita rasa yang ditawarkan sajian Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo kombinasi rasa gurih dengan rasa asin tanpa ada sedikit rasa manis. Bagi saya pribadi, cita rasa yang ditawarkan ada kemiripan dengan sajian Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu Pak Pardi. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo tergolong murah dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat