Mie Ayam Hijau Kotabaru, Uniknya Mie Ayam Yang Mangkuknya Bisa Dimakan

Mie Ayam Hijau Kotabaru, Uniknya Mie Ayam Yang Mangkuknya Bisa Dimakan
3.5 (70%) 2 vote[s]

Mie Ayam merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia selain bakso dan soto. Harga yang cukup terjangkau dan rasa yang cukup enak membuat hidangan mie ayam banyak ditemui di sudut-sudut kota dan pedesaan di berbagai wilayah di Indonesia. Di Yogyakarta banyak ditemui bermacam-macam penjual makanan mie ayam, dari penjual keliling hingga penjual yang membuka dagangannya di rumah makan. Ada sebuah warung mie ayam yang menyajikan mie ayam yang lain daripada lain bernama Warung Mie Ayam Tunggal Jaya Kobar Jaya.

Warung Mie Ayam Tunggal Jaya Kobar Jaya berada di tepi Jl. Serma Taruna Ramli (depan SD Ungaran) Kotabaru Yogyakarta. Memiliki menu unik berupa mie ayam hijau dimana menggunakan mie yang diberi penambahan bayam. Buka dari pagi hingga sore hari.

Suasana Mie Ayam Tunggal Rasa Kotabaru Yogyakarta

Warung mie ayam yang bernama Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Kobar Jaya atau lebih dikenal dengan Warung Mie Hijau Kotabaru. Warung mie ayam ini unik karena menyajikan menu mie ayam dengan mie berwarna hijau atau kehijauan. Warna hijau yang ditimbulkan dalam mie tersebut dikarenakan penambahan daun bayam yang digiling secara halus dan dicampurkan dalam adonan mie dan bukan akibat pemberian bahan pewarna makanan. Karena jarang temui, saya langsung meluncur ke lokasi untuk mencicipi mie ayam hijau yang unik ini.

Lokasi Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Kobar Jaya cukup mudah dicapai karena bersampingan dengan SD Ungaran dan warung tersebut berada di tepi jalan. Kadang bila memasuki jam makan siang atau jam pulang sekolah, jalan menuju ke warung mie ayam menjadi macet karena banyaknya kendaraan yang lalu lalang dan parkir di tepi jalan. Hal ini sering menjadi kendala bagi pelanggan yang ingin menikmati mie ayam hijau ini karena harus mengendari kendaraan secara pelan-pelan dan bersabar. Setelah memarkir sepeda motor, saya langsung memesan menu mie ayam hijau yang terpajang di papan menu. Bila tidak suka mie ayam hijau, terdapat juga menu mie ayam biasa.

Baca Juga  Jembatan Tugel Wanagama Gunungkidul

Mie Ayam Mangkok Pangsit di Mie Ayam Tunggal Rasa Kotabaru Yogyakarta

Akhirnya mie ayam hijau yang saya pesan tersaji di meja berikut minumannya. Cukup lama menunggu pesanan tiba karena Warung Mie Ayam Tunggal Rasa Kobar Jaya sedang penuh dengan pelanggan. Semangkuk mie ayam berisi mie berwarna kuning, potongan daging ayam, potongan sawi, dan sebuah pangsit rebus. Baunya cukup menggoda selera dan saya segera ingin mencicipinya. Kuahnya gurih sama seperti rasa mie ayam pada umunya, namun bedanya saya tidak merasakan adanya penambahan penyedap rasa dalam mie ayam ini. Saat akan mencicipi mie berwarna hijau, kondisinya lebih kaku dan lebih kering dibandingkan mie biasa. Gilingan daun bayam pun masih terlihat menempel di dalam mie karena tidak dapat menyatu secara sempurna. Saat dikunyah rasa yang ditimbulkan sama dengan mie biasa tanpa ada rasa atau bau daun bayam.

Potongan daun bawang atau loncang disediakan di meja makan berserta sambal, kecap, dan saos. perberian bahan pelengkap tersebut disesuaikan selera karena lidah orang berbeda-beda. Secara keseluruhan mie ayam hijau sama dengan mie ayam biasa karena tidak ada perbedaan yang cukup mencolok. Penambahan daun bayam pada mie sedikit memberikan efek kenyang karena mie mengandung banyak serat. Bagi saya, mie ayam hijau ini cukup puas dinikmati dan cukup direkomendasikan untuk menyuka mie ayam bagi yang sedang berada di Yogyakarta. Harga yang ditawarkan pun tergolong murah meskipun ada perbedaan harga antara mie ayam hijau dengan mie ayam biasa. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    warnanya menarik, tapi aku belum berani mencicipi, mie dan bayam cukup galak dengan perutku yang sensi :)

  2. goop:

    salah satu yang membuat saya suka memangsa mie ayam di Yogya adalah porsinya, haha….
    Oiya, di beberapa lokasi di Indonesia, penjual mie ayam seringkali pelit memberikan kuah, padahal ini kesukaan saya :D Di Jakarta, bahkan ada yang pesan tanpa kuah, iyuhhh :(

  3. attayaya:

    kirain mie ayam pekanbaru
    salam ombak bono

  4. Angga:

    klo jalan2 emang paling pol ngejajah kuliner
    tapi kemanapun perginya perasaan ane mie ayam paling enak itu ada di kampung saya ya mas :P

Kirim pendapat