Mie Ayam Handayani, Cerita Kuliner Di Sudut Lapangan Kartopuran Solo

Mie Ayam Handayani merupakan daya tarik kuliner mie ayam yang berada di daerah Serengan Solo. Keberadaannya cukup dikenal karena cita rasanya yang khas dan termasuk salah satu warung mie ayam yang wajib disinggahi ketika berwisata ke kota Solo. Warung ini tidak menyediakan bakso sebagai tambahan menunya dan hanya ceker ayam sebagai hidangan pendamping mie ayam.

Warung Mie Ayam Handayani beralamat di Jalan Kartopuran No. 87, kelurahan Jayengan, kecamatan Serengan, kota Surakarta 57152.

Lokasi Warung Mie Ayam Handayani berada di pojok tenggara Lapangan Kartopuran sehingga warung mie ayam ini lebih dikenal dengan nama Mie Ayam Kartopuran. Rute menuju warung mie ayam ini dari Jalan Slamet Riyadi ke arah selatan melewati Singosaen Plaza. dari perempatan Singosaren Plaza ke selatan lagi hingga menemui pertigaan kecil menuju Lapangan Kartopuran. Posisi pertigaan tersebut sebelum perempatan Jalan Moh Yamin. Ikuti jalan kecil menuju ke Lapangan Kartopuran dan posisi warung berada di sudut lapangan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan beroda dua saja atau sepeda motor. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil dapat parkir di sekitar area lapangan.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Handayani menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Pengunjung yang memesan cakar ayam atau ceker ayam yang disajikan dalam mangkok terpisah. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran agak besar, dan tidak bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Kuahnya terlihat melimpah dan segar karena tidak terlalu pekat.

Baca Juga  Sajian Spesial Gulai Kambing Bustaman Warung Pak Sabar Semarang

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Handayani cenderung manis khas mie ayam Solo namun tidak berlebihan. Bumbu rempahnya tidak terlalu berasa dan cukup cocok dilidah semua orang. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Mie Ayam Pilist yang letaknya berdekatan. Untuk ceker ayamnya sendiri kurang direkomendasikan karena kurang empuk dan bumbunya kurang meresap. Saya kurang mengetahui apakah saat itu kualitas rasa ceker ayam sedang tidak bagus atau memang standarnya semacam itu. Namun bagi penikmat mie ayam yang sudah dengan ceker ayam tidak ada salahnya untuk mencobanya. Hidangan pendamping lain yang disediakan dimeja untuk menikmati mie ayam ada risoles, lumpia, tahu bakso, dan tahu goreng. Jajanan tersebut memang banyak ditemukan di setiap warung di kota Solo. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Handayani tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Solo dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Handayani
Overall
7.8/10
7.8/10
  • Mie Ayam - 7.7/10
    7.7/10
  • Mie Ayam Ceker - 7.8/10
    7.8/10
INFORMASI
Warung Mie Ayam Handayani
Jl. Kartopuran No. 87, kelurahan Jayengan, kecamatan Serengan, kota Surakarta 57152

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.30 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat