Icip-Icip Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe Dari Kampung Gudeg Wijilan

Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe merupakan daya tarik kuliner mie ayam grabyas atau mie ayam dengan tambahan kulit ayam krispi (grabyas). Sajian mie ayam grabyas di kota Jogja pada mulanya diperkenalkan oleh Mie Ayam Grabyas Red Door yang buka mulai tengah malam. Kedai ini buka sejak sore hari hingga menjelang tengah malam.

Kedai Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe beralamat di Jalan Wijilan, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55131.

Lokasi kedai Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe berada di tepi Jalan Wijilan yang dikenal sebagai sentra kuliner gudeg khas Jogja dan bangunan Plengkung Wijilan. Posisi kedai ini ada di sebelah selatan dari kios-kios gudeg tersebut dan di sebelah utara dari Angkringan Wijilan Kang Harjo. Area parkir yang disediakan menggunakan area tepi jalan. Menu yang ditawarkan adalah mie ayam grabyas dengan beberapa varian seperti mie bayam akso, mie ayam pangsit, dan mie komplit.

Penyajian menu mie ayam grabyas pangsit basah di kedai Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe menggunakan mangkok putih berukuran tanggung. Seperti penyajian mie ayam Jakarta pada umumnya, antara mie dengan kuah dipisah. Pada semangkok mie ayam berisi mie, potongan daging ayam, potongan sawi hijau rebus, dan satu potong pangsit basah atau rebus. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tipis dan panjang seperti mie yang digunakan pada yammie ayam. Bakmi atau mie terasa cukup kenyal walaupun sedikit bertekstur kering. Topping ayam yang digunakan menggunakan daging ayam yang diris lembut seperti topping ayam pada mie ayam jakarta dan grabyas atau kripik kulit ayam kering.

Baca Juga  Mencicipi Mie Ayam Bakso dan Mie Ayam Tetelan Pak Nariyo Utara Ringin JEC

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam grabyas kombinasi rasa gurih dengan rasa asin dan sedikit manis dari topping ayam. Pangsit rebus terasa biasa dan hanya sebagai pelengkap saja. Sedangkan bakso sapi sebagai variasi tambahan saya tidak memesannya. Bagi saya pribadi, cita rasa yang ditawarkan ada kemiripan dengan sajian Mie Ayam Grabyas Red Door yang terkenal di Malioboro itu. Harga yang ditawarkan di kedai Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe tergolong standar harga mie ayam pada malam hari di daerah kota Yogyakarta. Sajiannya cukup menarik sebagai obat rasa kangen sajian mie ayam grabyas dari kota Jogja. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe
Overall
7.1/10
7.1/10
  • Mie Ayam Grabyas Biasa - 7/10
    7/10
  • Mie Ayam Grabyas Pangsit Rebus - 7.2/10
    7.2/10
INFORMASI
Kedai Mie Ayam Grabyas Mbah Benoe
Jl. Wijilan, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55131

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 23.00 WIB

Kirim pendapat