Mie Ayam Goreng Mekaton, Legenda Mie Ayam Goreng Dari Jogja

Mie Ayam Goreng Mekaton merupakan pilihan utama bersantap hidangan mie ayam goreng atau miyago di sekitar Yogyakarta dan Sleman. Keberadaannya cukup dikenal oleh para pecinta kuliner mie ayam karena warung ini tergolong salah satu pioner atau yang pertama menawar hidangan mie ayam goreng. Cita rasanya yang khas dan unik ini membuat orang-orang penasaran untuk menikmatinya.

Mie Ayam Goreng Mekaton terletak di Jalan Kebon Agung, desa Margokaton, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55561.

Lokasi Warung Mie Ayam Goreng Mekaton berada di daerah Seyegan Sleman. Rute termudah menuju ke warung mie ayam dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara melewati Jalan Magelang hingga Terminal Jombor. Dari Terminal Jombor ikuti jalan ke arah barat menuju ke daerah Cebongan. Dari Pasar Cebongan ikuti petunjuk jalan menuju ke arah Seyegan. Posisi warung mie ayam goreng ini berada di sebalah kanan jalan di area kios-kios.

Menu Warung Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan ada dua macam yaitu mie ayam goreng dan mie ayam biasa yang menggunakan kuah. Tidak ada pilihan lain seperti tambahan pangsit goreng, bakso sapi, atau mie ayam komplit. Pengunjung yang datang langsung memesan kemudian memilih tempat duduk yang masih kosong sambil menunggu pesanan siap disajikan. Tidak perlu menunggu lama akhirnya pesanan kami segera tersaji di meja makan.

Penyajian menu mie ayam goreng di Warung Mie Ayam Goreng Mekaton menggunakan piring datar seperti yang biasa digunakan untuk mie goreng atau nasi goreng.  Bila diperhatian secara sekilas penyajiannya mirip seperti penyajian bakmi goreng pada warung mie goreng surabaya namun bedanya aroma yang tercium masih berupa aroma sajian mie ayam. Porsi mie ayam goreng terlihat cukup banyak atau bisa dibilang porsi jumbo. Dalam satu piring mie ayam goreng terdiri dari mie atau bakmi, topping daging ayam, potongan daun sawi putih, taburan bawang goreng, dan potongan acar. Mie atau bakmi yang digunakan sama seperti mie ayam rebus dimana direbus terlebih dahulu kemudian digoreng dengan bumbu.Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi putih jumlahnya standar.

Baca Juga  Batu Chris Bennet, Batu Pengingat Di Kalibiru Kulon Progo

Cita rasa Mie Ayam Goreng Mekaton didominasi rasa manis dan gurih seperti mie ayam Jawa tanpa menggunakan kuah. Bumbu merica cukup terasa saat menyantap sajian mie ayam goreng ini. Rahasia kelezatan mie ayam goreng ini langsung terkuak ketika kita mencicipi hidangan mie ayam goreng ini. Penggunaan sawi putih tidak menjadi soal meskipun kesan sajian mie ayam menjadi berkurang karena lebih umum menggunakan sawi hijau.

Penyajian menu mie ayam rebus/kuah di Warung Mie Ayam Mekaton menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Porsinya terbilang lebih sedikit dibandingkan porsi mie ayam goreng karena menggunakan mangkok kecil. Dalam satu porsi mie ayam jumbo terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi putih rebus. Mie atau bakmi yang digunakan sama seperti mie ayam goreng. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi putih jumlahnya standar. Cita rasa sajian mie ayam rebus di Warung Mie Ayam Mekaton cenderung sedikit manis dan sedikit gurih. Adanya sawi putih rebus diduga mengurangi cita rasa pada sajian mie ayam berkuah. Bagi saya pribadi cita rasa mie ayam rebus tergolong biasa dan kurang direkomendasikan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau bagi semua kalangan dan cukup murah dibandingkan harga mie ayam di pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga  Menelusuri Jejak Situs Pelemsari

Konsistensi cita rasa sepertinya menjadi masalah klasik ketika sebuah warung atau rumah makan ramai pengunjung dan membuka cabang. Kadang ketika pertama kali mampir cita rasanya sesuai yang diharapkan namun pada kali kedua atau selanjutnya tidak sesuai dengan cita rasa ketika pertama kali datang. Hal ini dapat menjadi catatan penting mengingat dunia usaha mie ayam di sekitar kota Yogyakarta semakin ketat dan cukup banyak penikmat sajian makanan ini. Apalagi saat ini sudah bermunculan warung mie ayam goreng yang cita rasanya menarik untuk dicicipi seperti Mie Ayam Pak Eko Sedogan Tempel, Mie Ayam Goreng Pakde Sarju, dan sebagainya. Secara keseluruhan Mie Ayam Goreng Mekaton dapat menjadi pilihan utama bersantap mie ayam goreng atau miyago di sekitar Yogyakarta dan Sleman. (text/foto: annosmile)

CABANG

  • Jl. Kebon Agung, desa Margokaton, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55561
  • Jl. Kebon Agung, desa Tlogoadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman (barat perempatan Cebongan)
Penilaian Menu Mie Ayam Goreng Mekaton
Overall
7.2/10
7.2/10
  • Mie Ayam Goreng - 7.7/10
    7.7/10
  • Mie Ayam Kuah - 6.7/10
    6.7/10

Kirim pendapat