Mie Ayam Dalangan Pak Saryono, Cita Rasa Kuliner Mie Ayam Khas Kulon Progo

Mie Ayam Dalangan Pak Saryono merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas kota Wates atau Kulon Progo. Keberadaan warung mie ayam ini cukup terkenal karena sudah lama membuka dagangannya lebih dari dua dekade. Hingga saat ini warung mie ayam ini tidak membuka cabang untuk menjaga kualitas dan rasa mie ayam yang ditawarkan.

Mie Ayam Dalangan Pak Saryono terletak di tepi Jalan Raya Wates-Purworejo, dusun Dalangan, desa Triharjo, kecamatan Wates, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

warung-mie-ayam-dalangan-pak-saryono-kulon-progo

Lokasi Mie Ayam Dalangan Pak Saryono cukup strategis karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara kota Wates dengan kabupaten Purworejo. Rute menuju warung ini dari arah Terminal Wates ke selatan hingga tiba ke pertigaan Dalangan tanpa lampu pengaturan lalu lintas. Posisi warung ini berada di sebelah selatan pertigaan Dalangan dan sebelah kanan jalan dari arah utara. Pengunjung harus cermat memperhatikan nama warung mie ayam milik Pak Saryono ini karena saat ini banyak bermunculan warung mie ayam di sekitar lokasi. Area parkir yang tersedia cukup terbatas namun pengunjung dapat memanfaatkan area sempit tepi jalan raya.

sajian-mie-ayam-dalangan-pak-saryono-kulon-progo

Porsi Mie Ayam Dalangan Pak Saryono terhitung cukup banyak karena hampir memenuhi isi mangkok berwarna putih dengan pola ayam jago. Namun porsi mie ayam di warung ini tidak dapat disebut porsi jumbo karena porsi mie ayam yang disediakan hanya satu macam atau satu ukuran. Jadi mau tidak mau pembeli harus mau menerima porsi mie ayam yang lumayan banyak tersebut tanpa bisa menambah atau mengurangi porsi yang ada. Karakteristik mie yang digunakan memiliki diameter cukup besar, tebal, tampak bergelombang, dan cukup panjang. Ukuran mie yang terlihat besar dan bergelombang ini merupakan cirikhas mie ayam Jawa.

Baca Juga  Nikmatnya Kopi Bali Khas Munduk

Potongan daging ayam yang digunakan sebagai topping mie terlihat cukup besar dan banyak. Hal ini cukup membuat penikmat mie ayam merasa mantap dan segera ingin mencicipi cita rasa yang ditawarkan. Kuahnya terlihat sedikit keruh namun tidak kental. Hal ini menandakan bahwa kuah dari topping daging hanya menggunakan sedikit rempah-rempah dan bumbu. Saat mencicipi kuahnya terasa sedikit asin dan manis namun sepertinya rasa asin lebih kuat dibandingkan dengan rasa manis. Mirip seperti rasa Mie Ayam 43 Gejayan yang pernah saya cicipi namun saya lebih menyukai cita rasa yang ditawarkan mie ayam ini. Secara keseluruhan Mie Ayam Dalangan Pak Saryono dapat menjadi salah satu rekomendasi kuliner mie ayam di sekitar kota Wates dan kabupaten Kulon Progo. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. hafidz:

    mantap bener kayaknya tuh mie ayam

    jadi ngiler pengen nyobain

    • admin:

      HI hafidz,
      Silakan dicicipi kalau melintasi jalan raya Wates-Purworejo :-)

Kirim pendapat