Mie Ayam Contreng, Salah Satu Mie Ayam Jakarta di Yogyakarta

Mie Ayam Contreng merupakan salah satu warung mie ayam yang tersebar dipenjuru kota Yogyakarta. Meski tidak populer seperti warung mie ayam yang lain, Warung Mie Ayam Contreng mampu menarik pecinta kuliner mie ayam untuk mampir di tempat ini. Hal ini yang membuat kami penasaran dan ingin mencicipi cita rasa Mie Ayam Contreng tersebut.

Mie Ayam dan Bakso Contreng beralamat di Jalan Parangtritis No. 26 Yogyakarta. Asal usul nama Contreng berasal dari susunanĀ kata Cocok, Enak, dan Terjangkau.

Warung Mie Ayam Contreng Yogyakarta Dari Luar

Lokasi Warung Mie Ayam Contreng berada di tepi Jalan Parangtritis yang letaknya tidak jauh dari Pojok Beteng Wetan Kraton Yogyakarta. Warna warung mi ayam ini cukup mencolok dengan dominasi warna hijau dan kuning. Ukuran warung ini tidak begitu besar dan hanya menyediakan sedikit ruangĀ parkir sepeda motor sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat menggunakan badan jalan.

Memasuki warung, kami mencari tempat duduk yang kosong dan membaca menu makanan yang tersedia. Dalam daftar menu tercantum variasi sajian mie ayam mulai dari mie ayam biasa, mie ayam bakso, mie ayam komplet, dan sebagainya. Barulah kami memanggil pelayan untuk mencatat pesanan kami. Tidak lama kemudian, semangkuk mie dan mangkuk kecil berisi pangsit dan bakso tersaji di meja.

Suasana Warung Mie Ayam Contreng Yogyakarta

Menurut pengalamatan kami, model mie ayam yang disajikan di warung Mie Ayam Contreng adalah Mie Ayam Jakarta. Ciri utama Mie Ayam Jakarta adalah antara mie dengan kuah dipisah dan kadang ada tambahan pangsit dan bakso dalam kuah yang terpisah tersebut.

Baca Juga  Warung Makan Bu Jarno, Sensasi Kuliner Ikan Laut Khas Pacitan

Kami langsung mencicipi dan menikmati cita rasa mie ayam komplit khas Mie Ayam Contreng. Tesktur mie yang cukup lembut, tipis, dan kenyal ini mengingatkan kami pada mie ayam bergaya oriental di Mie Gajah Mas atau Bakmie Gang Kelinci. Saat mie ditelan tidak membekas rasa zat pengenyal seperti saat kita membeli mie ayam dorongan di tepi jalan. Minusnya, porsi mie-nya kurang banyak dibandingkan saat membeli mie ayam sebelumnya. Saya tampak segan memesan satu porsi lagi karena ukuran porsi mie yang tanggung.

Sajian Mie Ayam Contreng Yogyakarta

Bumbu mie ayam yang digunakan hampir sama dengan bumbu mie ayam Jakarta yang lain. Cuma sedikit kritik pada pemberian bahan penyedap rasa yang terlalu banyak menjadikan rasa terlalu gurih. Rasa kuah terasa cukup lezat karena berasal dari kaldu ayam asli. Untuk irisan daging, sawi rebus, bakso, dan pangsit goreng tidak ada masalah dan rasanya cukup enak.

Mie Ayam Contreng ini menarik untuk dicicipi meski sedikit dihindari oleh orang yang alergi atau tidak suka penyedap rasa buatan yang berlebihan. Disarankan untuk meminta kepada penjual agar tidak menggunakan penyedap rasa tambahan karena dari bumbu dan kuah sendiri sudah dicampurkan zat tersebut. Harga yang ditawarkan cukup dan sebanding dengan rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bakso & Mie Ayam Contreng
Jl. Parangtritis No. 26 Yogyakarta
Telp (0274) 376911

Jam Buka
Setap hari pukul 11.00 s/d 20.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    traktiir.. leeek..

Kirim pendapat