Mie Ayam Cak Iwan, Sensasi Rasa Mie Ayam Bakso Ceker

Mie Ayam Cak Iwan merupakan daya tarik kuliner mie ayam di sekitar Pakualaman Yogyakarta. Keberadaannya patut mendapat perhatian karena selalu ramai dikunjungi pembeli pada jam-jam makan siang hingga warung ini tutup. Menu andalan dari warung mie ayam ini adalah mie ayam bakso ceker.

Warung Mie Ayam dan Bakso Cak Iwan terletak di Jalan Harjowinatan No. 10, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta.

gerobak-mie-ayam-cak-iwan-yogyakarta

Lokasi Warung Mie Ayam Cak Iwan berada di sebelah barat Puro Pakualaman Yogyakarta. Rute dari titik nol kilometer ke arah timur menuju Puro Pakualaman. Dari lapangan Sewandanan ambil jalan ke kiri atau ke barat ke arah Masjid Besar Kauman Pakualaman dan Kestalan. Tiba pada sebuah pertigaan jalan ambil jalan ke utara hingga tiba di kantor kelurahan Puwokinanti dan posisi warung tersebut berada di seberang jalan. Bila Anda pernah mencicipi Rujak Es Krim Pak Nardi tinggal lurus ke utara sejauh 200 meter dan tiba dilokasi. Area parkir yang disediakan terbatas namun pengunjung dapat menggunakan sedikit area di tepi jalan untuk kendaraan roda dua.

Warung Mie Ayam Cak Iwan menyediakan menu utama berupa mie ayam dan bakso urat. Ada beberapa pilihan menu yang disesuaikan masing-masing penikmat mie ayam dan bakso urat seperti bakso ceker, bakso komplit, bakso kuah, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam ceker, dan sebagainya. Diantara pilihan yang ada saya memilih memesan mie ayam bakso yang menjadi favorit dan banyak dipesan pengunjung warung selain mie ayam ceker.

Baca Juga  Oseng-Oseng Mercon Bu Narti, Konon Pelopor Hidangan Oseng-Oseng Mercon Di Jogja

sajian-mie-ayam-bakso-dan-ceker-di-warung-mie-ayam-cak-iwan-yogyakarta

Penyajian Mie Ayam di Warung Mie Ayam Cak Iwan mirip seperti mie ayam Jawa pada umumnya dimana mie, sayur, toping daging ayam, dan kuah dicampur dalam satu mangkuk sedang berwarna putih. Porsinya terlihat memenuhi isi mangkok karena ada tambahan beberapa potong bakso goreng, dua bakso urat, dan dua potong pangsit pada sajian mie ayam. Karakteristik mie yang digunakan memiliki diameter cukup besar, tebal, tampak bergelombang, dan cukup panjang. Potongan daging berukuran sedang dan jumlahnya sama seperti penyajian mie ayam pada umumnya. Untuk ukuran bakso sapi sama seperti bakso sapi yang dijual oleh pedagang kakilima.

Saat mencicipi kuahnya terasa sedikit manis dan asin yang berimbang dengan karakter segar. Karakter semacam ini sebenarnya sedikit berbeda dengan cita rasa mie ayam Jawa yang cenderung berasa manis seperti Mie Ayam Bu Tumini. Saat mie dikunyah terasa cukup kenyal dan tidak terkesan kaku dan lembek. Bumbu pada topping ayam terasa lebih ringan dengan rasa manis yang masih dalam batas normal. Bagi saya pribadi saya cukup menikmati sajian mie ayam dari warung mie ayam ini. Secara keseluruhan sajian Mie Ayam di Warung Mie Ayam Cak Iwan layak dicoba dengan cita rasa yang menggugah selera dan cukup disarankan bagi penyuka mie ayam ceker. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Mie Ayam dan Bakso Cak Iwan
Jl. Harjowinatan No. 10, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Maya:

    Dari gambarnya aja udah keliatan makyuss tuh, makanan favori saya mie ayam bakso :D

    • admin:

      Hi Maya,
      Silakan dicicipi mie ayam baksonya :-)

  2. kianpi:

    Hmmm, enaknya, jadi pengen nyobain…

    • admin:

      Hi Kianpi,
      Silakan dicicipi ya letaknya mudah dijangkau di Yogyakarta :-)

  3. TRAVEL MALANG BANYUWANGI:

    jogja memang ngangeni

  4. MESIN PENETAS OTOMATIS:

    suka banget aku dengan mie ayam

Kirim pendapat