Mie Ayam Bangka Pak Apo, Kuliner Favorit Dari Sudut Banyuraden Sleman

Mie Ayam Bangka Pak Apo merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Bangka yang berada di daerah Banyuaden Sleman. Namanya cukup dikenal karena sajian mie ayam khas Bangka ini cukup jarang ditemukan di tempat lain di sekitar Yogyakarta. Keberadaan tauge yang biasa kita temui pada soto ayam menjadi bahan utama penyusun sajian mie ayam ini. Warung ini buka sejak pagi hingga sore hari atau habis.

Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo beralamat di Jalan Titi Bumi No. 139, desa Banyuraden, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55293.

Lokasi Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo berada di pinggir jalan desa daerah Banyuraden Gamping atau paling mudah diakses dari Jalan Godean Yogyakarta. Rute menuju warung mie ayam ini dari Tugu Jogja ke arah barat melewati jalan Godean hingga menemui SPBU Banyuraden. Dari SPBU masih terus hingga menemui perempatan lampu merah yang disebut sebagai perempatan patran kemudian ambil jalan ke kiri atau ke selatan. Ikuti jalan kecil melewati perkampungan penduduk hingga ujung pertigaan. Posisi warung mie ayam ini berada di kiri jalan tepat sebelum pertigaan jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam biasa, mie ayam bakso, mie ayam pangsit, mie ayam komplit, mie ayam jumbo, dan kwetiaw.

Baca Juga  4 Pilihan Kuliner Mie Ayam Di Kulon Progo

Penyajian menu mie ayam jumbo komplit di Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo sama seperti penyajian mie ayam Jakarta dimana antara mie dengan kuah dipisah. Mangkuk mie terdiri dari mie, potongan daun sawi hiaju rebus, tauge rebus, potongan daging ayam, taburan bawang goreng, dan taburan bubuk lada. Melimpahnya taburan bawang goreng yang terlihat mencolok hampir sama seperti penyajian Yammie Pathuk. Sedangkan mangkuk kuah berisi 2 (dua) potong pangsit rebus dan 2 (dua) bakso sapi. Bakmi atau mie yang digunakan berbentuk gelombang, berukuran kecil, pipih, dan agak terlihat kering tidak berminyak. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas dan teksturnya cukup lembut. Bumbunya cukup pas dan menyatu dengan mie. Bagi saya pribadi mie yang disajikan mirip seperti Mie Ayam Palembang Afui dan Lampung Uno.

Cita rasa mie ayam jumbo komplit di Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo cenderung gurih dengan rasa condong ke arah asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Pangsit rebusnya cukup menarik dicicipi walaupun ukurannya kecil. Sedangkan bakso sapinya juga tidak kalah menarik namun daya tarik utama tetap pada sajian mie ayamnya. Harga mie ayam berikut minuman yang ditawarkan tergolong agak mahal untuk harga mie ayam namun sebanding dengan cita rasa dan kebersihan rumah makannya. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam Bangka pada khususnya sebagai alternatif Mie Ayam Bangka Pak Harun dan mie ayam biasa pada umumnya di Jogja bagian barat tepatnya di daerah jalan Godean sebelum perempatan Jalan Ringroad Barat Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Bangka Pak Apo
Overall
7.5/10
7.5/10
Baca Juga  Mie Ayam Pak Kembar Pakem Sleman
  • Mie Ayam - 7.3/10
    7.3/10
  • Mie Ayam Pangsit - 7.5/10
    7.5/10
  • Mie Ayam Bakso - 7.4/10
    7.4/10
  • Mie Ayam Komplit - 7.6/10
    7.6/10
  • Mie Ayam Jumbo - 7.4/10
    7.4/10
  • Mie Ayam Jumbo Komplit - 7.7/10
    7.7/10

Summary

Mie Ayam bangka Pak Apo sajiannya terdiri dari mie, potongan sawi, potongan daging ayam, tauge rebus, dan taburan bawnag goreng memiliki daya tarik tersendiri. Mienya kecil-kecil dan lembut. Pangsit rebus dan bakso sapinya tidak kalah menarik. Cita rasanya cenderung gurih dan sedikit asin.

INFORMASI
Warung Mie Ayam Bangka Pak Apo
Jl. Titi Bumi No. 139, desa Banyuraden, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55293

jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat