Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul, Rasanya Berani Diadu

Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul, Rasanya Berani Diadu
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu merupakan salah satu nama warung mie ayam dan bakso yang menggunakan embel-embel nama Jatiayu atau kepanjangan dari Sarirasa Jatiayu. Warung ini tidak menggunakan embel-embel nama tambahan atau nama pemilik warung seperti warung mie ayam Sarirasa Jatiayu yang lain. Pilihan menu mie ayam yang ditawarkan lebi mirip seperti Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Pak Darto daripada Mie Ayam Tumini.

Warung Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu beralamat di Jalan Imogiri Timur, dusun Botokencana, desa Wirokerten, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55194.

Lokasi Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul berada di tepi Jalan Imogiri Timur tepatnya di kilometer 7. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Bus Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Dari perempatan lampu mera Ringroad Selatan Giwangan masih lurus ke selatan sejauh 1 (satu) kilometer melewati cabang Mie Ayam Tumini 2. Posisi warung ini berada di sebelah kiri jalan setela pertigaan jalan kecil menuju ke arah kecamatan Pleret. Area parkir yang disediakan cukup terbatas namun dapat digunakan untuk parkir 3 (tiga) kendaraan beroda empat dan belasan kendaraan beroda dua atau motor. Daftar menu makanan dan minuman yang ditawarkan kurang jelas dan tidak tertulis sehingga pengunjung yang baru pertama kali datang harus bertanya menu yang tersedia. Menu yang tersedia antara lain mie ayam, mie ayam jumbo, dan mie ayam bakso.

Penyajian menu Mie Ayam Jumbo di Warung Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam  terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi jumbo bisa dibilang porsi 2 (dua) kali lipat dibandingkan dengan porsi biasa dan terlihat memenuhi isi mangkok. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran besar, berbentuk tabung, dan agak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya sedikit dan agak terkesan pelit. Kuah mienya terlihat kecoklatan karena kuah toppingnya yang pekat.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul didominasi rasa manis dan gurih dengan kadar manis yang masih dalam batas normal. Kekentalannya sedikit lebih encer ketimbang Mie Ayam Tumini namun bumbu rempahnya masih cukup terasa. Bagi saya pribadi diantara mie ayam sarirasa jatiayu yang lain, sajian mie ayam di warung paling mirip dengan sajian mie ayam Warung Mie Ayam Tumini. Harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal daripada mie ayam biasa dan namun sama seperti harga sajian mie ayam sarirasa jatiayu yang lain. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul a dapat menjadi alternatif pilihan yang kedua selain Warung Mie Ayam Tumini. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 8.000,-

Mie Ayam Jumbo : Rp 11.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 11.000,-

*update 10 Juli 2018*

INFORMASI
Warung Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu
Jl. Imogiri Timur, dusun Botokencana, desa Wirokerten, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55194

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat