Mie Ayam Bakso Prima Rasa, Kuliner Legendaris Dari Semanu Gunungkidul

Mie Ayam Bakso Prima Rasa merupakan daya tarik kuliner mie ayam bakso di daerah Semanu Gunungkidul. Warung mie ayam ini cukp legendaris walaupun tidak diketahui sejak kapan berdirinya. Sajian mie ayam baksonya pernah populer dengan slogan mie ayam dan bakso terlezat se Asia Tenggara di kalangan netizan. Warung ini belum membuak cabang dan bka dari pagi hingga malam hari.

Mie Ayam Bakso Prima Rasa beralamat di Jalan Semanu-Pracimantoro, dusun Gunungsari, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Bakso Prima Rasa berada di tepi jalan raya penghubung wilayah kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Wonogiri. Posisi warungnya berada di seberang jalan dari Balai Desa Ngeposari. Area parkir yang disediakan cukup luas dan ada petugas parkir yang mengatur kendaraan pengunjung. Pengunjung yang baru datang dipersilakan langsung memesan dan memilih tempat duduk yang masih kosong. Menu yang ditawarkan warung ini ada 3 (tiga) macam yaitu mie ayam (bakso), bakso sapi, dan soto ayam.

Penyajian menu mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Bakso Prima Rasa menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, beberapa potong pangsit goreng, acar mentimun, 2 (dua) buah bakso sapi, dan taburan bawang goreng. Porsi mie ayam tergolong porsi standar mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dengan bentuk agak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam dan terlihat melimpah. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer. 

Baca Juga  Jurang Tembelan Kanigoro Dan Foto Selfie Di Kapal Titanic Mangunan

Cita rasa yang ditawarkan cenderung manis dan gurih. Bumbu rempahnya cukup terasa meskipun berasa halus dan ringan. Karakter rasa mie ayam yang ditawarkan cenderung mirip seperti mie ayam khas Wonosari dan Wonogiri. Padahal letaknya lebih dekat dengan daerah Karangmojo yang terkenal dengan asal muasal Mie Ayam Khas Jatiayu yang dipopulerkan oleh Mie Ayam Ibu Tumini dengan cita rasa yang manis berkuah kental. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan masih dalam batas aman. Untuk bakso sapinya sendiri cita rasanya cukup menarik dengan bumbu dan rasa daging sapi yang pas. Bakso sapinya cukup direkomendasikan sebagai tambahan menyantap mie ayam.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Mie Ayam Bakso Prima Rasa cenderung agak mahal namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Bakso Prima Rasa dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam dan wisata kuliner di sekitar Semanu dan Gunungkidul sisi timur. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam : Rp 13.000,-
  • Bakso : Rp 13.000,-
  • Mie Ayam Bakso : Rp 17.000,-
  • Soto : Rp 13.000,-
  • Soto Bakso : Rp 17.000,-

*update 27 Juli 2020*

Penilaian Menu Mie Ayam Bakso Prima Rasa
Overall
7.5/10
7.5/10
  • Mie Ayam - 7.3/10
    7.3/10
  • Mie Ayam Bakso - 7.7/10
    7.7/10
INFORMASI
Mie Ayam Bakso Prima Rasa
Jl. Semanu-Pracimantoro, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat