Mencicipi Mie Ayam Bakso dan Mie Ayam Tetelan Pak Nariyo Utara Ringin JEC

Mencicipi Mie Ayam Bakso dan Mie Ayam Tetelan Pak Nariyo Utara Ringin JEC
3.4 (68.57%) 7 votes

Mie Ayam Bakso Pak Nariyo merupakan salah satu penjual mie ayam yang berada di dekat Jogja Expo Center (JEC). Keberadaannya cukup dikenal oleh para penikmat sajian mie ayam. Cita rasa yang diusung oleh warung ini adalah cita rasa mie ayam khas Wonosari atau asli Wonosari. Menu yang tersedia antara lain mie ayam, mie ayam ceker, mie ayam tetelan, dan mie ayam bakso.

Mie Ayam Bakso Pak Nariyo beralamat di Jalan Plumbon Raya, desa Plumbon, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Bakso Pak Nariyo berada di sebelah utara Jogja Expo Center (JEC). Rute menuju warung mie ayam ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Kusumanegara. Sesampai di perempatan Gedong Kuning ambil jalan ke kiri atau ke arah utara hingga tikungan JEC. Pada tikungan JEC (Jogja Expo Center) atau pertigaan jalan yang ada pohon beringin (ringin) ambil jalan lurus masuk jalan kecil melewati Sate Kambing Pak Jogo dan posisi warung mie ayam berada di sisi kiri jalan atau barat jalan. Area parkir yang tersedia hanya untuk kendaraan roda dua saja atau sepeda motor.

Penyajian menu mie ayam ceker di Warung Mie Ayam Bakso Pak Nariyo menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam ceker terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, 2 (dua) potong pangsit goreng, dan 2 (dua) potong ceker ayam. Potongan daun sawi hijau rebus diletakkan paling dasar dan tepi mangkok, bakmi atau mie diletakkan diatasnya, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie berikut ceker ayam dan pangsit goreng. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran sedang dan bentuk agak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran besar, dan bercampur dengan tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya tergolong standar. Kuah mienya cukup banyak dan berwarna kuning kecoklatan karena bercampur dengan kuat topping.

Cita rasa yang ditawarkan mie ayam di Warung Mie Ayam Bakso Pak Nariyo cenderung manis dan gurih. Cita rasanya mirip seperti sajian mie ayam khas Wonogiri tanpa adanya irisan daun loncang dan taburan bawang goreng. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian mie ayam khas Gunungkidul yaitu Warung Mie Ayam Pak Parwito di Nglipar Gunungkidul.

Penyajian menu mie ayam tetelan di Warung Mie Ayam Bakso Pak Nariyo menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam ceker terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, 3 (tiga) potong pangsit goreng, dan tetelan sapi. Potongan daun sawi hijau rebus diletakkan paling dasar dan tepi mangkok, bakmi atau mie diletakkan diatasnya, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie berikut tetelan sapi dan pangsit goreng. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Cita rasa sajian mie ayam tetelan di warung ini sama seperti sajian menu mie ayam yang lain. Tetelan sapi yang dicampurkan pada sajian mie ayam tidak disertakan kuah sehingga tidak merusak cita rasa khas mie ayam. Hanya saja tetelan sapi hanya dibumbui garam saja atau kurang bumbu sehingga tidak memberikan cita rasa yang menarik. Bagi saya pribadi, saya lebih merekomendasikan sajian mie ayam tetelan ini daripada sajian mie ayam tetelan di Warung Mie Ayam dan Bakso Kemepyar Bantul atau dapat menjadi alternatif pilihan mie ayam selain Mie Ayam Joyo Roso yang letaknya di sebelah selatan Candi Plaosan Klaten dan Mie Ayam Ngudiroso Pak Waldi Kotagede. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Bakso Pak Nariyo tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Bakso Pak Nariyo
  • 7.4/10
    Mie Ayam - 7.4/10
  • 7.6/10
    Mie Ayam Ceker - 7.6/10
  • 7.7/10
    Mie Ayam Tetelan - 7.7/10
7.6/10
INFORMASI
Mie Ayam Bakso Pak Nariyo
Jl. Plumbon Raya, desa Plumbon, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Gallant:

    Wah mantap iki nek buka sampe mbengi juga. Hahaha
    Traktir dong mbah :3

    • admin:

      Hi Gallant,
      Bisa buka sampe malam kalau stok masih ada. Biasanya sore udah habis :-)

Kirim pendapat