Mie Ayam Bakso Pak Jo, Pilihan Mie Ayam Di Patangpuluhan Yogyakarta

Mie Ayam Bakso Pak Jo Patangpuluhan merupakan warung mie ayam yang menggunakan embel-embel nama “Pak Jo”. Di sekitar Yogyakarta cukup banyak warung mie ayam yang menggunakan nama yang sama seperti Mie Ayam Pak Jo Tangkilan dan Mie Ayam Pak Jo Prambanan meskipun diantaranya tidak ada keterkaitan seperti pemilik sama atau salah satu cabang. Menu yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam, mie ayam bakso, dan bakso komplit.

Mie Ayam Bakso Pak Jo Asli Gunungkidul terletak di Jalan Patangpuluhan No. 28, kelurahan Patangpuluhan, kecamatan Wirobrajan, kota Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Bakso Pak Jo berada di daerah Patangpuluhan yang dekat dengan batas wilayah antara kota Yogyakarta dengan kabupaten Bantul. Rute menuju tempat ini dari perempatan Taman Sari ke arah barat hingga tiba di perempatan Patangpuluhan. Dari perempatan lurus terus ke barat sejauh 200 meter dan posisi warung ini berada di sisi kanan jalan atau utara jalan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja dan jumlahnya terbatas.

Penyajian menu Mie Ayam di Warung Mie Ayam Bakso Pak Jo Yogyakarta menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup empuk dengan tingkat kematangan yang lebih (overcook).  Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran agak panjang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya berwarna agak kecoklatan karena bercampur dengan kuah dari topping ayam.

Baca Juga  Pesanggrahan Ambarukmo, Pesanggrahan Milik Kraton Yogyakarta Yang Diapit Hotel dan Mall

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Bakso Pak Jo Yogyakarta cenderung gurih dan sedikit manis khas hidangan mie ayam klasik. Bumbu bawang putihnya cukup terasa meskipun masih nyaman dinikmati. Bahan tambahan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Saya pikir penggunaan tulisan “Asli Gunungkidul” hanya menguatkan asal usul pedagang dari Gunungkidul bukan cita rasa hidangan dari Gunungkidul. Hal tersebut dikarenakan tidak ada salah satu cirikhas sajian mie ayam ini yang mengarah ke mie ayam khas Gunungkidul seperti sarirasa jatiayu atau mie ayam wonosari. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan Mie Ayam Pak Pendek Lapangan Karang Kotagede, Mie Ayam Pak Kemi, dan Mie Ayam Pak Nariyo Utara JEC. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. Alternatif bersantap mie ayam kekinian yang dekat dengan warung ini adalah Mie Nyinyir yang letaknya tidak jauh di sebelah baratnya. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Bakso Pak Jo Yogyakarta
Overall
7.1/10
7.1/10
  • Mie Ayam - 7.1/10
    7.1/10
INFORMASI
Mie Ayam Bakso Pak Jo Asli Gunungkidul
Jl. Patangpuluhan No. 28, kelurahan Patangpuluhan, kecamatan Wirobrajan, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.30 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat