Mie Ayam Bakso Merdeka Bantul

Mie Ayam Bakso Merdeka Bantul
4 (80%) 3 votes

Mie Ayam Bakso Merdeka merupakan salah satu penjual hidangan mie ayam dan bakso sapi di daerah Jetis Bantul. Keberadaan warung ini cukup dikenal oleh para penikmat mie ayam dan bakso sapi terbukti dengan ramainya warung ini saat-saat jam makan siang hingga menjelang sore hari.

Mie Ayam Bakso Merdeka beralamat di Jalan Bakulan-Imogiri, desa Sumberagung, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam Bakso Merdeka berada di tepi Jalan Bakulan Imogiri yang menghubungkan dua jalan utama antara Jalan Imogiri dengan Jalan Parangtritis. Rute termudah menu warung ini dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Parangtritis hingga km 12 perempatan Bakulan. Selanjutnya belok ke kiri melewati Jalan Bakulan-Imogiri hingga tiba di warung yang terletak di sebelah kanan jalan. Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dapat diparkir di depan warung dan tidak dipungut biaya alias gratis parkir. Sedangkan pengunjung yang membwa kendaraan roda empat atau mobil dapat parkir di area tepi jalan.

Pengunjung yang baru datang di Warung Mie Ayam Bakso Merdeka dipersilakan langsung memesan menu makanan dan minuman yang tersedia. Selanjutnya pengunjung dipersilakan duduk di tempat yang disediakan. Ruangan warung ini cukup luas untuk menampung sekitar 50an orang. Hanya saja suasana tempat duduk di sisi dalam terlihat pengap karena kurang ventilasi meskipun disediakan kipas angin. Hal ini kadang membuat kurang nyaman bila kondisi udara sekitar sedang panas khususnya saat siang hari.

Penyajian mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Bakso Merdeka Bantul menggunakan mangkok mie ayam putih seperti biasa. Potongan daun sawi hijau rebus diletakkan bagian dasar mangkok, bakmi atau mie diletakkan diatasnya, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, dan sebuah bakso sapi serta potongan bakso goreng diletakkan pada bagian tepi. Kemasan mie ayam bakso dengan potongan bakso goreng ini merupakan kali ketiga saya dalam menyantap hidangan mie ayam bakso dimana sebelumnya saya menemukannya pada sajian mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Sendowo Sleman dan Warung Mie Ayam Cak Iwan Yogyakarta.

Porsi mie ayam bakso di Warung Mie Ayam Bakso Merdeka Bantul terlihat banyak dari porsi standar mie ayam. Bakmi atau mie terlihat memenuhi isi mangkok meskipun kuahnya masih terlihat melimpah. Kondisi semacam ini membuat sajian mie ayam sulit diaduk dan harus dimakan sedikit terlebih dahulu. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Topping ayam berisi daging ayam yang disuwir, beberapa dipotong berbentuk dadu, dan kadang bercampur dengan tulang ayam. Saat dikunyah mie terasa kenyal dan lembut namun terasa sedikit terlalu matang.

Cita rasa yang ditawarkan cenderung agak manis dan gurih khas mie ayam Jawa atau mie ayam Wonogiri. Bagi saya pribadi cita rasa yan ditawarkan ada kemiripan dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Kemi Sleman. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan standar harga mie ayam di sekitar Bantul. Secara keseluruhan Mie Ayam Merdeka Bantul dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam di sekitar kota Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 7.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 9.000,-

Bakso Sapi : Rp 7.000,-

*update Februari 2017*

Kirim pendapat