Mie Ayam Bakso Mas Galang, Mie Ayam Murah Di Utara Makam Hastorenggo Kotagede

Mie Ayam Bakso Mas Galang, Mie Ayam Murah Di Utara Makam Hastorenggo Kotagede
2.8 (56.67%) 6 votes

Mie Ayam Bakso Mas Galang merupakan daya tarik kuliner di daerah perkampungan penduduk Kotagede Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal karena cita rasanya cocok dengan lidah masyarakat sekitar dan harganya cukup murah. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah mie ayam bakso dengan tambahan ceker ayam.

Mie Ayam Bakso Mas Galang terletak di Jalan Masjid Besar, kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam Bakso Mas Galang berada di sebelah selatan dari Pasar Legi Kotagede. Rute menuju warung ini dari Pasar Legi Kotagede ke arah selatan menuju ke arah Situs Watu Gilang dan Watu Gateng hingga menemui tikungan atau belokan jalan aspal ke kiri. Posisi warung mie ayam ini berada di sebelah kiri tikungan jalan tersebut, sebelah barat Coklat Monggo Kotagede, dan seberang dari Komplek Makam Hastorenggo Kotagede. Area parkir yang disediakan warung mie ayam ini hanya tersedia untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor saja. Untuk kendaraan roda empat tidak tersedia area parkir baik di halaman warung maupun area tepi jalan di sekitar warung karena jalanan yang sempit.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Mie Ayam Bakso Mas Galang menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dua buah bakso sapi, dan satu potong ceker ayam. Porsinya tergolong biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya . Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu tanpa bercampur dengan tulang ayam. Hanya saja potongan daging ayam terlampau sedikit dibandingkan biasanya. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Kuahnya terlihat bening namun menjadi keruh ketika dicampur dengan toppingnya yang kental. Bakso sapi yang menjadi pelengkap hidangan mie ayam terasa kenyal namun terasa banyak campuran tepungnya.

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Mas Galang cenderung gurih dan manis namun tidak berlebihan. Cukup direkomendasikan bagi penikmat mie ayam yang menyukai cita rasa manis dan penyuka ceker ayam. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Kang Slamet (Putu Pitu) dan Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Pak Darto. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) kadang melebihi batas normal dan disarankan memesan mie ayam tanpa menggunakan MSG. Harga yang ditawarkan cukup murah diantara harga mie ayam di sekitar Kotagede Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Mas Galang
  • 6.8/10
    Mie Ayam - 6.8/10
  • 7.1/10
    Mie Ayam Bakso - 7.1/10
6.9/10
INFORMASI
Mie Ayam Bakso Mas Galang
Jl. Masjid Besar, kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 18.00 WIB

Kirim pendapat