Mie Ayam Bakar Nikmat, Keunikan Mie Ayam Yang Dibakar Dari Yogyakarta

Mie Ayam Bakar Nikmat, Keunikan Mie Ayam Yang Dibakar Dari Yogyakarta
3.67 (73.33%) 3 votes

Mie Ayam Bakar Nikmat merupakan daya tarik kuliner mie ayam yang dikemas secara unik dan jarang ditemukan ditempat lain yaitu dengan cara dibakar. Warung mie ayam ini bisa dibilang pertama kali dan mungkin satu-satunya di Yogyakarta yang menyajikan hidangan mie ayam bakar.

Mie Ayam Bakar terletak di Jalan Gotong Royong, TR 2 No. 276, Karangwaru Lor, kelurahan Karangwaru, kecamatan Tegalrejo, kota Yogyakarta (timur SMA Negeri 4 Yogyakarta).

Lokasi Warung Mie Ayam Bakar Nikmat Yogyakarta agak tersembungi di tengah-tengah perkampungan utara kota Yogyakarta. Rute termudah dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara melewati Jalan Magelang. Sebelum perbatasan kota Yogyakarta di sisi kanan atau timur jalan ada papan petunjuk arah menuju ke SMA Negeri 4 Yogyakarta. Ikuti jalan tersebut hingga melewati depan SMA Negeri 4 Yogyakarta dan tembus jalan kecil lain yaitu Jalan Gotong Royong. posisi warung mie ayam tersebut berada di sekitar jalan tersebut. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk parkir pengunjung yang membawa kendaraan beroda dua.

Penyajian mie ayam bakar di Warung Mie Ayam Bakar Nikmat Yogyakarta mengingatkan saya pada sajian nasi bakar dimana disajikan diatas piring datar yang diameternya cukup lebar. Mie ayam bakar sendiri dibungkus dengan daun pisang dimana hampir seluruh permukaanterlihat hangus akibat proses pembakaran. Hal ini menunjukkan bahwa mie ayam benar-benar dibakar atau tidak sekedar ditaruh diatas bara api untuk memberikan kesan terbakar. Sepotong pangsit tanpa isi berukuran persegi diletakkan disamping bungkusan mie ayam bakar. Sedangkan kuah mie ayam disajikan secara terpisah pada mangkok kecil seperti penyajian mie ayam Jakarta.

Saat membuka bungkusan mie ayam bakar tercium bau khas mie ayam Jakarta yang gurih dipadu dengan bau sedikit terbakar dari daun pisang. Mie diletakkan pada bagian bawah dan dibagian atasnya terdapat potongan daun sawi hijau rebus, Mie yang melewati proses pembakaran masih terlihat sedikit basah dan masih dapat diuraikan menjadi mie yang berbentuk pipih dan panjang. Bentuk mie sedikit pipih seperti yamie atau mie ayam Jakarta. Sedangkan topping ayam berwarna kecoklatan seperti toping ayam pada mie ayam ayam. Sepertinya sajian mie ayam bakar ini merupakan kombinasi dari mie ayam Jawa dan mie ayam Jakarta.

Cita rasa mie ayam bakar didominasi rasa gurih dan sedikit manis seperti mie ayam Jawa. Pengunjung dapat menambahkan sendiri acar dan potongan daun bawang sesuai selera yang telah disediakan di setiap meja makan. Kondisi potongan dayn bawang dan acar terlihat segar dan bersih karena diletakkan di dalam mangkok terrtutup rapat. Keberadaan acar dan potongan daun bawang di warung ini cukup direkomendasikan bagi penikmat mie ayam yang menyukai acar sebagai tambahan untuk bersantap. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Bakar Nikmat dapat menjadi salah satu pilihan utam bersantap mie ayam dengan penyajian dan cita rasa unik di sekitar Yogyakarta yang lain daripada lainnya. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Edy sole:

    Sungguh lezat rasanya

Kirim pendapat