Mie Ayam Asun, Mencicipi Mie Ayam Legendaris Di Daerah Menteng Jakarta

Mie Ayam Asun, Mencicipi Mie Ayam Legendaris Di Daerah Menteng Jakarta
4.3 (85%) 4 vote[s]

Mie Ayam Asun atau Mie Ayam Theresia merupakan salah satu warung mie ayam khas Jakarta yang cukup legendaris di daerah Menteng Jakarta. Nama Asun katanya adalah singkatan dari Anak Sunda karena yang berjualan orang Sunda. Menurut informasi, warung ini didirikan oleh Pak Nisan pada tahun 1969 dan saat ini usaha jualan mie ayam ini diteruskan oleh anaknya.

Mie Ayam Asun beralamat di Jalan Lombok No. 57, RT 8 RW.4, kelurahan Gondangdia, kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350.

Lokasi Kedai Mie Ayam Asun berada di trotoar samping Sekolah Katholik Saint Theresia Jakarta. Area parkir menggunakan area tepi jalan samping sekolah. Warung kakilima atau kedai ini berdampingan dengan penjual makanan lain seperti siomay, baytagor, es dan sebagainya yang mangkal di luar pagar sekolah. Kedai mie ayam ini tidak menggunakan tenda dan hanya menyediakan kursi plastik tanpa meja sebagai tempat duduk untuk menikmati hidangan.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Asun menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, tauge, irisan daun loncang, dan dua potong pangsit goreng. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam Jakarta. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie beserta irisan daun loncang,, dan pangsit goreng berada paling atas. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil, pipih, dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran kecil, dan tidakbercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya cukup melimpah.

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Asun cenderung gurih dengan rasa condong ke arah asin. Bumbu yang digunakan terasa cukup ringan khas sajian mie ayam Jakarta. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam kakilima di sekitar Jakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam : Rp 15.000,-
Penilaian Menu Mie Ayam Asun
  • 7.2/10
    Mie Ayam - 7.2/10
7.2/10
Baca Juga  Mangut Lele Bu Is, Pesona Kuliner Pedesaan di Jetis Bantul
INFORMASI
Mie Ayam Asun
Jl. Lombok No. 57, RT 8 RW.4, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.30 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat