Mencicipi Mie Ayam Asalam Belakang SMP Negeri 5 Yogyakarta

Mencicipi Mie Ayam Asalam Belakang SMP Negeri 5 Yogyakarta
3.3 (66.67%) 3 vote[s]

Mie Ayam Asalam atau dulu bernama Mie Ayam Rasa Manunggal merupakan warung kakilima yang menjual sajian mie ayam di sebelah utara SMP Negeri 5 Yogyakarta. Keberadannya cukup dikenal karena letaknya yang cukup strategis dan banyak pedagang kakilima di sekitarnya. Warung mie ayam ini buka dari pagi hari hingga sore hari.

Mie Ayam Asalam terletak di Jalan Juwadi, kelurahan Kotabaru, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55142.

Lokasi Warung Mie Ayam Asalam berada di belakang bangunan salah satu sekolah favorit di Jogja yaitu SMP Negeri 5 Yogyakarta. Warung ini menggunakan area trotoar pejalan kaki sebagai tempat menggelar dagangannya. Rute menuju warung ini dari bundaran Kridosono ke utara hingga menemui perempatan kecil antara SMA Negeri 3 Yogyakarta, Kantor Telkom, dan Bentara Budaya Yogyakarta, ambil ke kanan atau arah timur. Ikuti jalan kecil tersebut hingga mendekati simpangan dan posisi warung berada di sisi kanan jalan. Area parkir kendaraan yang disediakan menggunakan area tepi jalan. Menu yang ditawarkan warung mie ayam ini antara lain mie ayam pangsit basah, mie ayam pangsit mangkok, mie ayam ceker, dan mie ayam bakso.

Penyajian mie ayam pangsit basah di Warung Mie Ayam Asalam Kotabaru menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, taburan irisan daun bawang, dan satu potong pangsit rebus. Porsi mie ayam bisa dibilang biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan merupakan mie yang diolah oleh pabrik pembuatan mie dengan bentuk agak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijaunya jumlahnya standar. Kuahnya berwarna bening karena kuah topping ayam yang tidak pekat.

Baca Juga  Mie Ayam Cak Iwan, Sensasi Rasa Mie Ayam Bakso Ceker

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam pangsit rebus di Warung Mie Ayam Asalam cenderung agak manis dan sedikit asin. Bagi saya pribadi cita rasanya agak tanggung karena setengah cita rasa mie ayam jawa dan setengah cita rasa mie ayam Jakarta. Bahan tambahan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Untuk pangsit rebus sendiri terasa biasa dan terlalu lembek sehingga mudah hancur. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Asalam dapat menjadi alternatif pilihan bersantap mie ayam selain Mie Ayam Kobar Jaya Tunggal Rasa depan SD Ungaran Kotabaru. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Asalam
  • 7/10
    Mie Ayam Pangsit Basah - 7/10
7/10
INFORMASI
Mie Ayam Asalam
Jl. Juwadi, kelurahan Kotabaru, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55142

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat