Mie Ayam As Sidiq Jatiayu, Rekomendasi Mie Ayam Di Daerah Pleret Segoroyoso

Mie Ayam As Sidiq Jatiayu, Rekomendasi Mie Ayam Di Daerah Pleret Segoroyoso
3.3 (65%) 4 votes

Mie Ayam As Sidiq Jatiayu merupakan salah satu nama warung mie ayam dan bakso yang menggunakan embel-embel nama Jatiayu atau kepanjangan dari Sarirasa Jatiayu. Hal tersebut menjelaskan bahwa sajian mie ayam ini khas atau berasal dari daerah Jatiayu Gunungkidul. Bagi saya sendiri ini terhitung tempat keempat setelah Mie Ayam Bu Tumini, Mie Ayam Pak Darto, dan Mie Ayam Kang Slamet yang menggunakan embel-embel nama tersebut.

Mie Ayam As Sidiq Jatiayu beralamat di Jalan Segoroyoso, dusun Pungkuran, desa Pleret, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Mie Ayam As Sidiq Jatiayu berada di tepi jalan utama menuju daerah Segoroyoso Pleret Bantul. Rute termudah menuju warung mie ayam dan bakso ini dari Pasar Pleret ke arah selatan sejauh 500 meter dan posisi warung mie ayam dan bakso ini berada di kiri jalan atau timur jalan. Area parkir yang disediakan cukup terbatas namun dapat menampung belasan kendaraan roda dua dan sekitar tiga kendaraan roda empat. Menu utama yang ditawarkan adalah sajian mie ayam dan bakso sapi. Bila diperhatikan menunya cukup lengkap seperti Warung Mie Ayam Pak Darto di Jalan Imogiri Timur.

Penyajian menu mie ayam biasa di Warung Mie Ayam As Sidiq Jatiayu menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi hijau rebus. Potongan daun loncang disediakan di meja makan dan pengunjung bebas menambahkannya. Keberadaan potongan daun loncang pada warung ini membuat asal usul sajian mie ayam menjadi rancu karena keberadaan daun loncang ada ciri utama mie ayam khas Wonogiri. Porsi mie ayam bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan porsi standar mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran kecil, tidak bergelombang, tidak mengembang dan terlihat padat. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu dan dipisah dari tulang ayam. Jumlah topping ayamnya terlihat melimpah dan hampir menutupi mie pada mangkok. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar dengan kematangan yang pas. Kuahnya terlihat kecoklatan karena kuah toppingnya yang cukup pekat.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Mie Ayam As Sidiq Jatiayu didominasi rasa manis tanpa adanya rasa asin ataupun gurih. Atau bisa dibilang lebih manis daripada Mie Ayam Bu Tumini dan sebanding manisnya dengan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Miroso dan Warung Mie Ayam Kang Karman. Bagi penikmat sajian mie ayam yang kurang suka rasa manis sebaiknya mengindari warung mie ayam ini. Alternatif menikmati sajian mie ayam di sekitar Pleret yang cita rasanya gurih dengan rasa manis dan asin yang tidak berlebihan bisa dicicipi Mie Ayam Goreng Pakde Sarju dan Mie Ayam Tidar. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam As Sidiq Jatiayu dapat menjadi salah satu pilihan bersantap di daerah Pleret dan jalan menuju Segoroyoso Bantul. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mie Ayam : Rp 7.000,-

Mie Ayam ekstra Ayam : Rp 10.000,-

Mie Ayam ekstra Sawi : Rp 9.000,-

Mie Ayam Bakso : Rp 12.000,-

Bakso Komplit : 8.000,-

Bakso Kuah : Rp 8.000,-

*update 9 Maret 2018*

Penilaian Menu Mie Ayam As Sidiq Jatiayu
  • 7.4/10
    Mie Ayam - 7.4/10
7.4/10
INFORMASI
Mie Ayam As Sidiq Jatiayu
Jl. Segoroyoso, dusun Pungkuran, desa Pleret, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat