Mie Ayam Annisa Dan Sajian Mie Ayam Ceker Plus Balungan Ayam

Mie Ayam Annisa Dan Sajian Mie Ayam Ceker Plus Balungan Ayam
Rate this post

Mie Ayam Annisa merupakan warung kakilima yang menjual sajian mie ayam di seekitar barat Pojok Beteng Pugeran. Keberadaannya cukup dikenal penikmat mie ayam karena cita rasanya yang khas. Menu andalannya adalah mie ayam lung atau mie ayam dengan tambahan balungan ayam.

Mie Ayam Annisa terletak di Jalan Sugeng Jeroni No. 2, kelurahan Gedongkiwo, kecamatan Mantrijeron, kota Yogyakarta 55142.

Lokasi Mie Ayam Annisa berada di sebelah barat dari perempatan Pojok Beteng Kulon atau Pugeran Yogyakarta. Rute menuju warung mie ayam ini dari Pojok Beteng Pugeran ke arah barat menuju Jalan Sugeng Jeroni atau arah menuju persimpangan lalu lintas Bugisan. Sekitar 200 meter dari Pojok Beteng Pugeran perhatikan sisi kanan jalan atau utara jalan letak warung tersebut membuka dagangannya. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja karena berada di jalur ramai kendaraan. Menu yang ditawarkan ada beberapa macam antara lain mie ayam biasa, mie ayam bakso, mie ayam ceker, dan mie ayam lung atau balung.

Penyajian menu Mie Ayam Ceker Balungan di Warung Mie Ayam Annisa Yogyakarta menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam ceker terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan irisan daun loncang. Ceker dan balungan ayam disajikan secara terpisah di mangkok tersendiri. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, dan topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup empuk dengan tingkat kematangan yang pas.  Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran agak panjang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya berwarna agak kecoklatan karena bercampur dengan kuah dari topping ayam.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Annisa Yogyakarta cenderung gurih dan sedikit manis khas hidangan mie ayam daerah barat kota Yogyakarta. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan sajian Mie Ayam Mas Ditto dan beberapa warung mie ayam asli Wonogiri lainnya. Bahan tambahan monosodium glutamat (MSG) masih dalam batas normal meskipun cukup terasa dilidah. Untuk cita rasa ceker ayam dan balungan ayam cukup menarik disantap dan terasa empuk saat dikunyah. Hanya saja porsi ceker dan balungan cukup sedikit dibandingkan mie ayam balungan yang pernah saya beli di Warung Mie Ayam Mbah Pello. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. Secara keseluruhan warung mie ayam ini dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam di sekitar Pugeran atau Pojok Beteng Kulon Kraton Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam Annisa
  • 7.1/10
    Mie Ayam - 7.1/10
  • 7.3/10
    Mie Ayam Ceker - 7.3/10
7.2/10

Kirim pendapat