Mie Ayam Al Fazza, Porsi Jumbonya Benar-Benar Luar Biasa Banyaknya

Mie Ayam Al Fazza merupakan daya tarik mie ayam yang belum lama buka dan letaknya berada di tengah-teengah perkampungan penduduk. Menu andalannya yaitu mie ayam porsi jumbo cukup ramai diperbincangkan karena porsinya benar-benar banyak lebih dari 2 (dua) porsi mie ayam pada umumnya. Warung mie ayam ini buka menjelang siang hingga sore hari.

Warung Mie Ayam Al Fazza beralamat Jalan Imogiri Barat, kampung Mredo RT 05, dusun Gatak, desa Bangunharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55188.

Lokasi Warung Mie Ayam Al Fazza berada di tengah-tengah pemukiman penduduk yang jauh dari jalan utama. Bila dilihat dari peta sebenarnya warung mie ayam ini hanya disebelah baratnya dari SPBU Jalan Imogiri Barat. Rute menuju warung mie ayam ini paling mudah menggunakan aplikasi petunjuk arah pada ponsel (Google Maps). Rute kasarnya ikuti Jalan Imogiri Barat hingga tiba di SPBU Jalimbar. Dari SPBU putar balik ke arah utara sejauh 200 meter kemudian belok ke kiri atau arah barat melewati jalan perkampungan. Ikuti jalan kurus sejauh 300-400 meter posisi warung mie ayam berada di dekat tikungan jalan. Area parkir yang disediakan dapat untuk parkir beberapa kendaraan roda dua atau sepeda motor dan satu kendaraan roda empat atau mobil.

Menu makanan yang ditawarkan Warung Mie Ayam Al Fazza cukup bervariasi mulai dair mie ayam biasa, mie ayam ceker, mie ayam separo, mie ayam jumbo, sawi ayam, dan ceker ayam. Untuk menu minuman tergolong standar yaitu teh, jeruk, dan air putih.

Baca Juga  Tengkleng Bu Harsi Solo Baru, Antara Tengkleng Kambing Dan Tengkleng Sapi

Penyajian menu Mie Ayam Jumbo dari Warung Mie Ayam Al Fazza menggunakan mangkok yang ukurannya agak besar daripada mangkok putih bergambar ayam jago. Mangkok yang digunakan mirip seperti mangkok porsi mini jumbo di Warung Mie Ayam Palembang Afui. Dalam satu porsi mie ayam  terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie. Porsi jumbo di warung ini bisa dibilang lebih daripada porsi jumbo biasanya atau lebih dari 2 (dua) kali porsi biasa karena menggunakan mangkuk yang berbeda.

Bakmi yang digunakan berukuran sedang atau tanggung, berbentuk tabung, dan agak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan agak berlebih atau sedikit kematangan. Karakteristik mie atau bakmi yang digunakan mirip seperti Mie Ayam Pak Sarmintul yang ada di sebelah utara Stadion Sultan Agung.  Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuah mienya terlihat kecoklatan karena kuah toppingnya yang pekat.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Al Fazza didominasi rasa manis dan gurih khas Mie Ayam Sarirasa Jatiayu. Hanya saja kadar manisnya masih dalam batas normal dan kekentalannya lebih encer. Kemiripan cita rasa ini dikarenakan bukan tanpa sebab, kabarnya pemilik warung mie ayam ini dulu pernah bekerja di Warung Mie Ayam Tumini. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) agak berasa pada daun sawi dan saya menduga MSG yang ditaruh pada mangkuk tidak atau belum diaduk. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Mie Ayam Al Fazza tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Mie Ayam Al Fazza patut dicoba sebagai salah satu kuliner mie ayam di sekitar Jalan Imogiri Barat. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Mie Ayam Al Fazza
Mredo RT 05, dusun Gatak, desa Bangunharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55188

Jam Buka Setiap hari mulai dari pukul 10.00 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat