Mie Ayam Adik Dewi KUA, Kuliner Mie Ayam Legendaris Dari Laweyan Solo

Mie Ayam Adik Dewi KUA atau ada yang mengenalnya dengan sebutan Mie Ayam KUA Laweyan merupakan salah satu daya tarik kuliner mie ayam yang berada di wilayah barat kota Solo. Keberadaannya cukup legendaris karena telah berdiri hampir 3 (tiga) dekade atau sekitar tahun 2000-an. Usaha ini dirintis oleh ayahnya kemudian dilanjutkan oleh ibu dan anaknya hingga saat ini. Warung mie ayam ini belum atau tidak membuka cabang di tempat lain.

Mie Ayam Adik Dewi beralamat di Jalan Agus Salim No. 60, kelurahan Sondakan, kecamatan Laweyan, kota Surakarta 57147.

Lokasi Warung Mie Ayam Adik Dewi KUA berada di daerah Laweyan Solo atau wilayah barat daya dari kota Solo. Rute menu warung mie ayam ini cukup mudah dengan mengusuri Jalan Dr. Rajiman Solo kemudian pada persimpangan lampu merah belok ke kanan menuju Jalan Agus Salim. Posisi warung mie ayam ini berada di kiri jalan samping Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Laweyan Solo. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan beroda dua saja atau sepeda motor. Menu yang ditawarkan warung ini ada 2 (dua) macam yaitu mie ayam biasa dan mie ayam bakso.

Penyajian menu mie ayam di Warung Mie Ayam Adik Dewi KUA menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsinya bisa dibilang porsi standar untuk ukuran sajian mie ayam jawa. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu tidak rata, berukuran agak besar, dan tidak bercampur tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya standar. Kuahnya berwarna kecoklatan. Pengunjung dapat menambahkan ceker ayam, kepala ayam, ati ayam, dan sebagainya dengan mengambil sendiri pada baskom yang terletak di dekat tempat memasak mie atau meja kasir.

Baca Juga  Mie Ayam Goreng Pakde Sarju, Tentang Mie Ayam Goreng Dengan Topping Tambahan Telur

Cita rasa sajian mie ayam di Warung Mie Ayam Adik Dewi KUA cenderung manis dan gurih khas mie ayam Solo namun tidak berlebihan. Bumbu rempahnya tidak terlalu berasa dan cukup cocok dilidah semua orang. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Mie Ayam Pilist dan Mie Ayam Handayani. Untuk ceker ayamnya sendiri kurang direkomendasikan karena kurang empuk dan bumbunya kurang meresap. Namun bagi penikmat mie ayam yang sudah dengan ceker ayam tidak ada salahnya untuk mencobanya. Hidangan pendamping lain yang disediakan dimeja untuk menikmati mie ayam ada risoles, tahu bakso, dan tahu goreng. Jajanan tersebut memang banyak ditemukan di setiap warung di kota Solo. Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Adik Dewi KUA tergolong standar untuk ukuran harga mie ayam di sekitar kota Solo dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Mie Ayam : Rp 11.000,-
  • Miso (Mie Ayam Bakso) : Rp 13.000,-
  • Bakso : Rp 11.000,-
  • Tahu Bakso : Rp 1.500,-
  • Cakar : Rp 1.500,0
  • Kepala : Rp 3.000,-
  • Ati : Rp 4.000,-
  • Kacang : Rp 1.000,-
  • Kerupuk : Rp 1.000,-
  • Telur : Rp 3.000,-

*update 18 Juli 2019*

Penilaian Menu Mie Ayam Adik Dewi KUA
  • 7.7/10
    Mie Ayam - 7.7/10
  • 7.6/10
    Mie Ayam Ceker - 7.6/10
7.7/10
INFORMASI
Mie Ayam Adik Dewi
Jl. Agus Salim No. 60, kelurahan Sondakan, kecamatan Laweyan, kota Surakarta 57147

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 15.00 s/d 21.00 WIB (habis)

Kirim pendapat