Mie Ayam 99 Manding, Yang Lama Tetap Bertahan

Mie Ayam 99 Manding, Yang Lama Tetap Bertahan
3 (60%) 1 vote

Mie Ayam 99 merupakan salah satu warung penjual hidangan mie ayam di Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul. Keberadaan warung mie ayam ini bisa dibilang legendaris karena telah ada atau berdiri lebih dari dua bahkan tiga dekade tahun yang lalu. Bentuk warung mie ayamnya pun tidak berubah dan hampir sama seperti ketika pertama kali membuka dagangannya.

Mie Ayam 99 Mbah Tono terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, dusun Manding, desa Sabdodadi, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Mie Ayam 99 berada di kawasan Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul. Rute menuju warung mie ayam ini cukup mudah dimana mengikuti Jalan Parangtritis hingga perempatan Manding kemudian belok masuk ke kawasan Sentra Kerajinan Kulit Manding. Ikuti jalan aspal sejauh 300-400 meter dan posisi warung mie ayam tersebut berada di kiri jalan atau selatan jalan. Area parkir yang disediakan terbatas dan hanya dapat menampung kendaraan roda dua saja. Bentuk bangunan Warung Mie Ayam 99 masih berupa gubug semi permanen yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Kesan kuno dan lama terlihat ketika memasuki warung mi ayam yang terlihat sederhana ini.

Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam 99 menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, dan potongan sawi rebus. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak kecil dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong dadu agak besar dan dipisah dari tulang ayam. Jumlah topping ayamnya cukup banyak dan tidak terkesan pelit. Potongan daun sawi hujau jumlahnya standar. Kuahnya terlihat bening kecoklatan karena kuah toppingnya yang encer.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam di Warung Mie Ayam 99 cenderung gurih dengan sedikit rasa manis dan asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan masih dalam batas normal. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan sajian Mie Ayam Popeye yang letaknya berada tidak jauh di sebelah baratnya namun bumbu rempah mie ayamnya lebih terasa di warung mie ayam ini. Harga yang ditawarkan warung mie ayam ini tergolong murah untuk ukuran harga mie ayam di sekitar daerah tersebut. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Mie Ayam 99
  • 7/10
    Mie Ayam - 7/10
7/10
INFORMASI
Mie Ayam 99 Mbah Tono
Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, dusun Manding, desa Sabdodadi, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat