Menyusuri Aliran Air di Tebing Bukit Srunggo Bantul

Menyusuri Aliran Air di Tebing Bukit Srunggo Bantul
Rate this post

Aliran air yang berada di kawasan perbukitan Srunggo Bantul yang terkenal dengan daya tarik wisata Goa Cerme sepertinya menarik untuk dijelajahi. Sumber aliran air berasal dari mulut Goa Cerme yang diarahkan ke dasar bukit. jalur aliran air tersebut bertingkat mirip seperti air terjun. Beberapa tingkatan aliran air cukup tinggi dan sepertinya berpotensi sebagai daya tarik wisata baru berbasis pedesaan.

Bukit Srunggo terletak di dusun Srunggo, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul.

Rumah Juru Kunci Goa Cerme BantulPerjalanan melewati jalan Imogiri ke arah selatan hingga sampai sebuah perempatan yang dekat dengan aliran sungai Oyo. Kemudian memilih jalan ke selatan mengikuti papan petunjuk jalan menuju ke Goa Cerme. Akhirnya kami tiba di kawasan pemukiman penduduk di bawah sebuah tebing dan berhenti di halaman juru kunci Goa Cerme.

Salah Satu Aliran Sungai Dibawah Goa Cerme Bantul

Kami meminta izin menitipkan kendaraan kami kemudian berjalan kaki menyusuri jalan setapak  yang mengarah ke arah bukit. Dimana bukit yang kami tuju tersebut dibagian puncaknya merupakan kawasan wisata alam Goa Cerme.

Derasnya Aliran Air Dibawah Goa Cerme Bantul

Dalam perjalanan mendaki bukit Srunggo, kami menemukan aliran air yang cukup deras dimana di beberapa bagian membentuk air terjun kecil. Aliran air ini dimanfaatkan penduduk untuk kebutuhan air rumah tangga dengan memasang pipa-pipa pralon dan mengairi sawahnya. Menurut informasi yang kami dapat dari petani yang kebetulan kami temui ketika berpapasan di jalan, sumber air dari aliran sungai tersebut tidak kering meskipun musim kemarau walaupun debit airnya berkurang.

Salah Satu Aliran Air Yang Membentuk Air Terjun Dibawah Goa Cerme Bantul

Kami terus berjalan mendaki bukit tersebut melewati semak belukar dan membuka jalan baru karena tempat ini memang bukan kawasan wisata dan harus ektra hati-hati ketika melangkah karena tanah cukup labil. Tiba di suatu tempat dekat ar terjun tertinggi, kondisi jalan tidak dapat dilewati lagi karena telah mengalami longsor. Cukup berbahaya untuk dilewati karena rawan longsor dan kurangnya peralatan yang kami bawa. Akhirnya kami mengurungkan niat untuk meneruskan perjalanan dan mengakhiri perjalanan.

Air Terjun Dibawah Goa Cerme Bantul

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Choiri Setyawan:

    Caving di goa cerme nya juga luar biasa.. gak nyoba sekalian mas?

  2. yandi novandra:

    mas share dong pengalaman di daerah jawa barat

Kirim pendapat