Menikmati Sunset di Pantai Parangtritis

Barangkali ingin melihat seberapa bagusnya sunset di pantai Parangtritis, membuat saya dan kawan – kawan berangkat menuju pantai Parangtritis di sore hari. Berangkat dengan 2 sepeda motor, kami berempat meluncul ke arah selatan dari kota Yogyakarta.

Parangtritis, adalah sebuah tempat pariwisata berupa pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta. Merupakan pantai yang cukup populer di Yogyakarta. Memilki pesona alam yang dapat ditangkap dari berbagai lokasi dan cara sehingga pemandangan yang dilihat lebih bervariasi. Di Parangtritis ada juga kereta kuda atau kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

Sampai di Pantai Parangtritis sekitar pukul 16.00, kami berjalan menuju arah tebing karang di sisi timur Pantai Parangtritis. Sambil berjalan merasakan desiran angin sore yang sejuk membuat kami nyaman berjalan menyisir Pantai Parangtritis. Ketika tiba di tebing timur Pantai Parangtritis, kami mendapati Air Terjun Parangtritis sedang kering tidak teraliri air.

Ketika kami kembali menyusuri tepi pantai, secara perlahan-lahan ombak mulai berkurat dan air laut mulai surut. Surutnya membuat genangan kecil air di pinggir pantai sehingga tampak seperti cermin. Bayangan tebing karang yang menjulang tinggi tampak jelas di dalam genangan air.

Baca Juga  Keunikan Gumuk Pasir Parangkusumo


Pancaran sinar matahari perlahan-lahan mulai lebut dan berpindah hampir di ujung barat. Warna langit perlahan-lahan berubah. Kami hanya dapat mengabadikan dengan kamera ponsel karena belum memiliki kamera saku atau digital. Awan tipis menutupi matahari di ujung cakrawala akhirnya tidak terlihat peristiwa matahari terbenam dengan sempurna.

Meskipun tidak terlihat momentum matahari terbenam di ujung barat Pantai Parangtritis kami tetap dapat menikmati suasana senja di Pantai Parangtritis ini. Hari berubah menjadi gelap dan kami berjalan menuju ke area parkir untuk mengakhiri berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. 3mnnm8:

    wah.. jd kangen jogja.. T.T

  2. megan garnieri:

    hoho.. parangtritis kalau siang emang keliatan kotor, tapi kalau udah sunset…
    jangan tanya… ojek foto yang keren
    belum lama ini aq ke sana, tapi pas mendung, siyal…

    • annosmile:

      walaupun mendung tetep keren kan :D

  3. Lutfi:

    Wah udah lama nggak ke paris nih :D

  4. aribicara:

    loch koX g Bilang2 Boss Kalau ke PARIS :d ckckckckck …

    *Ngambil gambarnya kox bisa Keren gityu yach :)

    Salam :)

  5. RainTurb:

    pengen…
    kenapa dulu g sempet kesana

  6. gayuh:

    wuih indah bgt.. jadi pengen ke paris lihat sunset

Kirim pendapat