Menikmati Suasana Pantai Parangtritis Baru

Menikmati Suasana Pantai Parangtritis Baru
4 (80%) 1 vote

Lama tidak berkunjung ke Pantai Parangtritis, ternyata sudah banyak perubahan pada pantai ini. Pantai Parangtritis telah mengalami penataan dan pembangunan yang tampak lebih terawat dan lebih menarik. Papan nama pantai pun ditambah dengan akhiran ‘baru’ menjadi Pantai Parangtritis Baru.

Parangtritis, adalah salah satu kawasan pariwisata andalan di sekitar kota Yogyakarta berupa pantai yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Sebelah Timur Pantai Parangtritis
Sepertinya pemerintah daerah serius dalam mengelola obyek wisata pantai paling diminati wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Usaha ini tidak lepas untuk tetap menarik minat wisatawan agar bersedia berkunjung ke pantai ini ditengah promosi-promosi yang ditawarkan oleh pantai yang lain di kawasan Daerah istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Pos penarikan karcis tidak banyak berubah, kondisi jalan dari kota Yogyakarta hingga memasuki kawasan Pantai Parangtritis sudah cukup lebar dan halus. di beberapa titik dibangun terminal parkir yang disediakan untuk menampung parkir mobil dan bus-bus wisata. Karena kami menggunakan sepeda motor, kami dapat menyusuri jalanan berpaving yang mengarah ke tepian pantai. Sedikit disayangkan tindakan beberapa oknum yang menghadang kendaraan pribadi dan memaksa parkir di lapaknya masih banyak terjadi. Hal semacam ini cukup membuat kami kurang nyaman berkeliling di area pantai.

Pengembangan kawasan Pantai Parangtritis menjadikan pantai ini dibagi menjadi beberapa bagian pantai diantaranya Pantai Parangndog, Pantai Parangtritis Baru, Pantai Mancingan, dan Pantai Parangkusumo.

Keramaian Pengunjung Pantai Parangtritis Saat Senja

Beberapa ratus meter dari bibir pantai dibangun jalan berpaving yang cukup luas sebagai kawasan lalu lintas di tepi pantai. Diseberang jalan berpaving dibangun kios-kios baru yang disediakan untuk pedagang kios lama yang terkena relokasi. Selain itu bangunan lama kios permanen yang tidak mengalami relokasi masih ramai dilewati pengunjung yang berjalan ke arah pantai karena di depannya dibangun jalan berpaving berukuran 2-3 meter.

Beberapa kios menyediakan makanan dan minuman yang biasa ditemukan ketika berkunjung ke obyek wisata. Namun jangan berharap untuk wisata kuliner di pantai ini karena tidak ada nelayan melaut melalui pantai Parangtritis dan disarankan untuk wisata kuliner makanan laut di pantai sebelah baratnya yaitu Pantai Depok. Beberapa orang menyediakan area parkir untuk kendaraan roda dua. Yang menjadi sorotan adalah tidak ada kejelasan mengenai tarif parkir di kawasan Pantai Parangtritis sehingga banyak yang mengeluh parkir di pantai ini cukup mahal.

TeamTouring Di Pantai Parangtritis Baru

Fasilitas pantai Parangtritis tergolong cukup lengkap, dari kolam renang mini untuk anak-anak hingga jasa penyewaan kuda dan kendaraan ATV. Kondisi Pantai Parangtritis cukup bersih, sepertinya rutin dilakukan pembersihan sampah oleh petugas sampah. Cukup disayangkan tidak ditemukan tempat sampah dibeberapa titik strategis.

Pemandangan senja di Pantai Parangtritis masih terlihat indah seperti biasa ketika cuaca cerah. Namun ketika hari menjelang gelap sepertinya kawasan jalan berpaving tidak ada lampu penerangan sehingga suasana sangat gelap. Semoga perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana Pantai Parangtritis terus dilakukan agar pengunjung merasa nyaman berkunjung ke pantai ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Parangtritis Baru
Kompleks Pantai Parangtritis, Desa :Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. applausr:

    tiketnya masih relatif murah ya….. mau kesana lagi ah…. nyari sandal yang hilang dulu…

  2. arikaka:

    tengah tahun kemarin say ake parangtritis, cuma kayany abeda spot deh. ehmm lumayan lah ombaknya enak

  3. Pojok Pradna:

    wih…brati Paris dah nggak kumuh lagi nih..

  4. soewoeng:

    kakean dolan nganti paris lali disambangi kie

Kirim pendapat