Menikmati Senja di Pantai Mengening

Menikmati Senja di Pantai Mengening
Rate this post

Keindahan Pantai Mengening ketika senja memang sudah tidak diragukan lagi bagi para penikmat matahari terbenam dan para pemburu foto. Sebuah pantai yang lokasinya dekat dengan Pantai Tanah Lot ini memiliki ciri khas berupa pantai yang dipenuhi sekumpulan karang yang menghadap ke laut.

Pantai Mengening berlokasi di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Perjalanan menuju ke Pantai Mengening sebetulnya sama seperti menuju ke Pantai Tanah Lot, namun posisinya lebih ke timur dan lebih dekat dengan Denpasar. Karena termasuk pantai baru, masih minim informasi petunjuk arah jalan menuju ke kawasan pantai Mengening sehingga kita harus bertanya kepada pendududk setempat.

Walaupun terlihat merupakan pantai baru yang terlihat sepi, disekitar pantai Mengening telah dibangun beberapa resort dan villa yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara. Memasuki kawasan parkir pantai yang lokasinya tepat di bibir pantai terlihat langsung pemandangan pantai berbatuan karang yang cukup indah. Pada karang yang posisinya sedikit menjorok ke laut terdapat pura laut yang mirip pura Tanah Lot namun bukan berupa pulau.

Pura tersebut bernama Pura Gede Luhur Batungaus yang biasanya ramai di kunjungi saat upacara agama tertentu sebagai budaya adat di Bali. Seperti pada Pura Tanah Lot yang letaknya di tengah pantai, namun pura di pantai Mengening ini sudah memiliki jalan yang berpaving, sehingga sangat mudah bagi pengunjung untuk mendekati pura ini. Sambil menunggu senja saya berjalan mengelilingi bagian luar pura dan menikmati indahnya deburan ombak di pantai Mengening. Dari belakang bangunan pura yang terdapat batuan yang berukuran besar, terhampar lautan luas yang dalam dan menjadi salah satu lokasi favorit untuk memancing.

Menjelang matahari terbenam, banyak wisatawan lokal dan para pemburu foto berkunjung ke pantai ini. Sesaat suasana pantai Mengening menjadi ramai dan dibeberapa sudut banyak wisatawan yang sekedar duduk santai sambil menunggu matahari terbenam. Saya berjalan menuju ke sisi barat pura tempat dimana banyak celah dan batuan karang yang membentuk guratan yang indah. Batuan karang yang saling berdekatan membentuk jalur air saat ombak pasang tersebut menjadi tempat favorit berburu foto saat matahari terbenam.

Akhirnya matahari terbenam di ujung barat lautan dan beruntung saat itu langit cerah tanpa awan sehingga terlihat jelas keindahan senja di pantai Mengening ini. Hari telah malam dan para pengunjung pantai Mengenging mulai meninggalkan lokasi karena suasana berangsur-angsur menjadi sepi. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. sscorporation11:

    pemandangannya indah banget mas…, kerren…

Kirim pendapat