Menikmati Rawon Nguling Di Tempat Asalnya

Rawon merupakan salah satu masakan khas Jawa Timur yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang khas dan cocok dilidah menjadi salah satu alasannya. Di tepi jalan raya penghubung Surabaya dengan Banyuwangi tepatnya di Probolinggo terdapat rumah makan dengan menu andalan rawon yang menarik untuk dicicipi bernama Rumah Makan Rawon Nguling.

Rumah Makan Rawon Nguling beralamat di Jl. Raya Tambakrejo No. 75, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo 67252. Rumah makan ini berdiri sejak tahun 1942 dan yang pertama kali berdiri sebelum dibuka beberapa cabang di pulau Jawa. Buka mulai pukul 05.00 hingga pukul 21.00.

Rumah Makan Rawon Nguling Dari Depan

Lokasi Rumah Makan Rawon Nguling yang pertama ini berada di tepi jalan raya penghubung Surabaya dengan Banyuwangi. Setelah memasuki daerah Tongas Probolinggo, kami memelankan laju kendaraan agar rumah makan ini tidak terlewatkan. Dari arah barat, posisi rumah makan ini berada di kiri jalan. Area parkirnya cukup luas dan tampak beberapa kendaraan roda empat dan roda dua hampir memenuhi area parkir.

Memasuki Rumah Makan Rawon Nguling, terhampar meja kursi yang cukup banyak. Sepertinya meja kursi yang tersedia mampu menampung jumlah pelanggan diatas 150 orang. Saat kami perhatikan, hampir separuh kursi yang tersedia dipenuhi oleh pengunjung. Padahal saat itu bukan jam makan pagi, siang, atau malam. Bisa dipastikan meja kursi yang tersedia akan penuh saat waktunya orang mengisi perut.

Saat ini Rumah Makan Rawon Nguling telah membuka beberapa cabang di kota-kota besar di wilayah Pulau Jawa dan membuka kerjasama (franchise) dengan pihak ketiga.

Suasana Rumah Makan Rawon Nguling

Setelah memilih tempat duduk yang kosong, kami langsung dihampiri pelayanan untuk memesan makanan. Daftar menu yang diberikan cukup jelas dengan harga yang tercantum. Harga yang ditawarkan tergolong murah atau standar ukuran rumah makan di tepi jalan raya. Pilihan menu makanan akhirnya jatuh kepada masakan rawon yang menjadi andalan Rumah Makan Rawon Nguling.

Baca Juga  Air Terjun Watu Ondo Magetan, Antara Kekecewaan dan Jauhnya Perjalanan

Tidak menunggu lama, pesanan langsung segera tersaji di meja makan kami. Penyajian nasi rawon antara nasi dengan rawon tidak dipisah atau disajikan dalam satu piring. Di Jawa Timur jarang ditemui penyajian nasi rawon yang terpisah antara nasi dengan rawon. Potongan daging sapi tersaji diatas nasi berdampingan dengan sedikit tauge. Di bagian tepi piring ditambahkan sambal terasi bagi pelanggan yang menyukai rasa pedas atau melengkapi rasa. Bau harum dari kuah nasi rawon membuat kami tidak sabar untuk mencicipinya.

Rumah Makan Rawon Nguling menyediakan bermacam-macam masakan khas Jawa Timur dengan menu andalan berupa rawon. Menu lain yang tersedia antara lain seperti nasi soto, nasi sop, nasi gule, nasi lodeh, dan sebagainya.

Sajian Rawon Nguling

Kuah rawon terlihat encer dan berwarna kehitam-hitaman karena dalam bumbu rawon terdapat kluwak. Rasanya cukup lezat dan cocok dilidah terutama lidah orang Jawa Timur. Dominasi rasa gurih dan sedikit asin mewarnai rasa dari hidangan rawon ini. Rasa yang didapat akan sedikit berbeda dan berwarna bila kita mencampurkan sambal terasi kedalam nasi rawon.

Potongan atau irisan daging sapi cukup empuk dan tidak terasa alot. Bumbu rawon cukup meresap kedalam daging. Daging sapi yang disajikan dalam rawon ini merupakan daging sapi dengan sedikit lemak tanpa menggunakan jerohan sapi. Jumlah potongan daging yang cukup banyak dan besar ini membuat kita puas saat menyantapnya dan tidak sekedar makan kuah saja.

Beberapa pejabat negara dan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah mampir di Rumah Makan Rawon Nguling yang pertama ini. Beberapa foto dokumentasi dipasang di dinding rumah makan.

Meja Kasir Rumah Makan Rawon Nguling

Kepuasan pelanggan termasuk kami tampak ketika selesai menikmati hidangan makanan. Tidak heran bila banyak pengunjung dari luar kota yang sedang melakukan perjalanan singgah di rumah makan ini sembari berisitirahat. Variasi menu masakan Jawa Timur tidak hanya rawon membuat orang tidak bosan untuk mampir di rumah makan ini.

Baca Juga  Martabak Casablanca, Pilihan Jajanan Martabak Sekitar Seturan Yogyakarta

Rasa yang tidak berbeda juga dirasakan di cabang rumah makan Rawon Nguling. Beberapa cabang yang dibuka terbukti mampu mengobati rasa rindu masakan khas Rumah Makan Rawon Nguling. Namun bila ingin menikmati daya tarik dan suasana asli Rumah Makan Rawon Nguling, datanglah ke Rumah Makan Rawon Nguling di Tongas, Probolinggo. (text/foto: annosmile)

CABANG

Jl. Cikajang 49 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp: (021) 7394319

Jl. Alternatif Cibubur-Cileungsi Komp. Ruko Kav. DDN No. 101A Telp: (021) 8448183

Jl. KH. Hasyim AShari Ruko No. 8 A Cipondoh Raya, Tangerang (Samping Radion Bharata) Telp: (021) 55700356

Jl. Boulevard Raya Blok DF No. 8 Kelapa Gading, Jakarta Utara Telp: (021) 4531534

Jl. Pecenongan Raya No. 48E Jakarta Pusat Telp: (021) 3454114, 3454117

Jl. Kendangsari Industri 41-B Surabaya Telp: (031) 8490541

Jl. Kutai No. 34 Surabaya Telp: (031) 5681553

Jl. Rajawali No. 110 Surabaya telp: (031) 3536898

Jl. Raya Kedungturi 33-B V Taman Sepanjang Sidoarjo Telp: (031) 7885045

Jl. Zainul Arifin No. 62 Malang Telp: (0341) 324684

Jl. Raya Kepulungan Pandaan Pasuruan Telp: (0343) 638021

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Event Jogja Dot Com:

    wuihh sejak 1942, sebelum merdeka, legenda banget kayaknya :D

Kirim pendapat