Menikmati Jajanan Tradisional Lupis Ketan

Lupis Ketan merupakan salah satu makanan tradisional yang masih bertahan di era modern ini. Jajanan tradisional ini masih banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional yang tersebar di pulau Jawa. Tidak diketahui asal muasal makanan Lupis Ketan ini karena masing-masing daerah mengklaim bahwa makanan tersebut berasal dari daerahnya.

Kue Lupis Ketan (lopis ketan) merupakan salah satu makanan tradisional di Indonesia yang masih disukai masyarakat.

Kue Lupis

Lupis Ketan ini terbuat dari beras ketan dimasak dengan daun pisang seperti lemper atau lontong kemudian diiris tipis-tipis dan dicampur dengan parutan kelapa. Tidak lupa kuah dari gula aren kental yang diencerkan menjadi pemanis dan pelengkap Lupis Ketan. Cara membuatnya cukup mudah dan biasanya sepaket dengan makanan tradisional lain seperti cenil.

Lupis ketan tergolong makanan basah yang tidak tahan lama dan bila telah disajikan harus segera dimakan. Citarasa yang unik menjadikan makanan tradisional ini tetap bertahan dari gempuran makanan modern yang jumlahnya semakin bertambah. Rasa gurih bercampur manis dari bahan-bahan tradisional ini menjadi kunci daya tarik makanan ini. Lupis ketan ini sering disajikan pada berbagai acara baik resmi ataupun tidak resmi sebagai hidangan pembuka dan camilan. Harganya pun cukup terjangkau bagi semua kalangan. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    nang endi kui le tuku

Kirim pendapat