Menengok Kondisi Pantai Logending

Menengok Kondisi Pantai Logending
Rate this post

Pantai Logending merupakan obyek wisata pantai yang lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Goa Jatijajar. Biasanya dalam paket wisata ke Goa Jatijajar ditawarkan sekaligus berwisata ke pantai ini.

Pantai Logending atau dikenal dengan Pantai Ayah terletak di kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen atau sekitar 9 km dari wisata Goa Jatijajar.

Perjalanan menuju ke Pantai Logending cukup mudah dan banyak rambu petunjuk jalan. Sebagai salah satu wisata andalan di Kabupaten Kebumen, Pantai Logending banyak diserbu wisatawan ketika hari libur. Jalan menuju ke Pantai Logending cukup terawat walaupun sampai ini masih berukuran kecil dan belum dilakukan pelebaran jalan.

Kawasan wisata pantai Logending terdapat wisata pantai dan wisata hutan, namun saya lebih memilih wisata pantai dan mencoba berkeliling di kawasan pantai. Di sisi timur pantai terdapat kawasan perbukitan dan tebing karang. Kawasan tebing karang yang sedikit menjorok ke laut ini menjadi salah satu tempat favorit untuk memancing. Ombak pantai terlihat cukup tenang karena terhalang oleh arus dari muara sungai yang ada di sebelah barat pantai.

Hamparan pasir pantai berwarna putih yang terdapat di sebelah barat tebing akan terlihat bila sedang surut. Sarana dan prasarana di sekitar kawasan pantai belum optimal, banyak fasilitas umum yang kurang terawat dan rusak tidak diperbaiki. Pemandangan pantai terlihat kotor di beberapa titik disebabkan ulah pengunjung yang buang sampah sembarangan dan tidak ditemukan titik-titik tempat pembuangan sampah.

Di sebelah pantai Logending terdapat muara sungai Bodo yang menjadi batas wilayah antara kabupaten Kebumen dengan kabupaten Cilacap. Muara sungai Bodo cukup luas dengan arus yang tenang ini menawarkan atraksi wisata berupa berkeliling dengan menggunakan perahu motor. Tarif perahu motor yang cukup terjangkau dan mampu menampung hingga sepuluh orang. Dengan menggunakan perahu motor, kita dapat berkeliling di sekitar muara sungai.

Saat ini disebelah barat pantai Logending yang berbatasan langsung dengan sungai Bedo sedang dikembangkan menjadi pelabuhan pendaratan ikan (PPI). Disebelah kiri dan kanan dibangun tanggul  dan tumpukan betok pemecah gelombang. Pembangunan pelabuhan pendaratan ikan ini jelas berpotensi untuk meningkatkan produksi laut kabupaten Kebumen karena kapal-kapal berukuran besar bisa bersandar. Pembangunan ini jelas meningkatkan perekonomian masyarakat namun mengancam kelestarian pantai Logending.

Sejak dibangun dan dikembangkan menjadi obyek wisata andalan kabupaten, kondisi pantai Logending terus menerus mengalami perubahan. Pembangunan yang terjadi di kawasan pantai Logending diperkirakan telah merusak kelestarian lingkungan dan diperparang dengan penambangan pasir yang tidak jauh dari area pantai. Hal ini terlihat setelah saya cukup lama tidak berkunjung ke pantai Logending, sedikit terkejut dengan perubahan yang terjadi. Semoga pemerintah tidak lupa menjaga kelestarian alam disamping memanfaatkan sumber daya yang ada. Di balik sisa-sisa pancaran sinar matahari saat senja, saya masih dapat menikmati keindahan pantai ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat