Menengok Festival Dolanan Bocah

Rate this post

Sebelum kembali ke Yogyakarta, saya menengok sebentar acara Festival Dolanan Bocah (FDB) yang digelar di dekat pusat jajanan Gladak Langen Bogan Solo atau di Jalan Jendral Sudirman, depan Kantor Pos Gladak. Acara ini diselenggarakan setelah pukul 19.00 WIB.

Tahun 2011 ini, Festival Dolanan Bocah (FDB) diselenggarakan pada Jumat 6 Mei 2011 hingga Minggu 8 Mei 2011 dan diselenggarakan pada malam hari. Acara ini diikuti belasan SD di Surakarta dan beberapa sanggar tari anak-anak.

Salah Satu Permainan Anak-Anak Tradisional

Antusiasisme penonton tampak ketika saya tiba di lokasi acara, panggung kecil beserta tenda tidak mampu menampung banyaknya penonton yang melihat pertunjukan bocah-bocah SD yang beraksi di panggung. Saya sempat kesulitan melihat pertunjukan karena desak-desakan antar penonton.

Beberapa pertunjukan dolanan bocah seperti dolanan jamuran, jatilan anak-anak, dan sebagainya cukup memukau dan mengundang tawa sebagian penonton. Saya pun sempat tertawa melihat tingkah laku salah satu peserta dolanan bocah yang salah melakukan pertujukan.

Anak-Anak Sedang Memainkan Musik Tradisional

Acara Festival Dolanan Bocah 2011 ini berjalan cukup lancar. Namun ada beberapa pertanyaan dibenak saya, mengapa acara yang melibatkan banyak anak kecil ini diselenggarakan di malam hari. Menurut saya acara yang berlangsung hingga tengah malam belum sesuai dengan kondisi anak-anak. Sekiranya di tahun mendatang, acara semacam ini diselenggarakan di pagi atau siang hari.

Kirim pendapat