Menelusuri Jejak Situs Pelemsari

Menelusuri Jejak Situs Pelemsari
Rate this post

Saat tiba di dusun Pelemsari untuk mencari keberadaan situs Pelemsari, kami sempat kebingungan karena tidak menemukan keberadaan situs yang kami maksudkan. Setelah berulang kali bertanya kepada beberapa orang yang tinggal di dusun Pelemsari, kami  menyimpulkan bahwa di Pelemsari ini hanya ditemukan beberapa potongan batu candi yang tersebar di beberapa tempat.

Situs Pelemsari terletak di dusun Pelemsari, desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Dari informasi yang kami dapat, batuan candi banyak tersebar di beberapa tempat di kawasan dusun Pelemsari akibat pada zaman dahulu sungai Opak yang ada di dekatnya pernah mengalami banjir lahar. Banjir lahar tersebut menghanyutkan batuan candi yang ada di sekitar aliran sungai. Tidak heran bahwa sampai saat ini banyak potongan batuan candi yang masih berserakan di sepanjang aliran sungai tersebut.

Kami mencoba menelusuri beberapa gang sempit di dusun Pelemsari dan menemukan beberapa potongan batuan candi di halaman rumah. Kondisinya tidak terawat dan banyak ditumbuhi lumut. Beberapa orang yang kami tanyai bercerita bahwa potongan tersebut hanyut saat terjadi banjir lahar. Namun mereka kurang tahu asal-usul batuan candi tersebut berasal dari situs candi apa karena diperkirakan batuan candi yang ditemukan di dusun Pelemsari juga berasal dari situs candi lain yang batuannya ikut terhanyut saat terjadi banjir lahar.

Sebuah batuan ratna yang ditemukan di tepi jalan dusun Pelemsari ini diperkirakan merupakan batuan candi Ngaglik yang menurut catatan arkeolog pada zaman Belanda ditemukan di dusun Pelemsari, walaupun keberadaan situs candi tersebut sudah tidak diketahui lagi akibat diterjang banjir lahar ratusan tahun yang lalu.

Ketika kami menemui orang pada sebuah halaman rumah yang teronggok batu ratna, kami mendapat informasi bahwa batuan tersebut ditemukan di area persawahan kemudian dibawa pulang untuk diamankan. Selain itu kami mendapat informasi tambahan bahwa potongan candi yang ditemukan di sekitar dusun Pelemsari yang masih baik kondisinya dipindah ke halaman Situs Watugudig yang lokasinya berada di sebelah timur dusun Pelemsari (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat