Masjid Faridan M Noto Yogyakarta

Masjid Faridan M Noto merupakan masjid yang berada di kawasan perkampungan Beji Yogyakarta. Masjid ini menggunakan nama salah satu pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang bernama Faridan M Noto. Namanya juga disematkan sebagai nama jalan di kawasan Kotabaru Yogyakarta. Sedikit informasi yang di dapat, beliau adalah satu dari 21 orang pahlawan yang gugur dalam pertempuran Kotabaru pada tanggal 7 Oktober 1945 dan dimakamkan di Pemakaman Gajah, Umbulharjo, Yogyakarta.

Masjid Faridan M. Noto beralamat di Jalan Beji No. 10, kampung Beji, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta. Masjid ini diresmikan oleh KGPAA Pakualam VIII pada hari Senin tanggal 2 April 1987 M (21 sya’ban 1407 H).

Papan Nama Masjid Faridan M Noto Yogyakarta

Masjid Faridan M Noto dibangun oleh cucunya yang bernama Dr Assilah Muridan Noto dengan menggunakan tanah wakaf hasil warisan kakeknya, Faridan M Noto. Masjid ini dibangun pada tahun 1986 diatas tanah seluas ±500 m² dengan dana dari masyarakat setempat dan para donatur. Desain bangunan masjid cukup sederhana dengan menggunakan gaya modern. Tidak tampak kemegahan bangunan masjid seperti yang ditampilkan masjid-masjid lain di sekitar Yogyakarta. Pembangunan berlangsung kurang lebih satu tahun. Hingga saat ini Masjid Faridan M Noto masih layak digunakan sebagai tempat beribadah dan kegiatan ke-Islaman. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Penggalian Situs Candi Bedingin Cebongan

Kirim pendapat