Menyempatkan Shalat Subuh di Masjid Al Akbar Surabaya

Menyempatkan Shalat Subuh di Masjid Al Akbar Surabaya
5 (100%) 1 vote

Kali ini, saya mengikuti kegiatan kampus yang mengadakan tour ke Jawa Timur dan Bali. Perjalanan dari kota Yogyakarta malam hari dan sampai di kota Surabaya sekitar dini hari menjelang subuh sekitar pukul 04.00. Inilah kali pertama saya berkunjung ke ibukota Jawa Timur ini, walaupun sudah berulangkali menapakkan kaki di Jawa Timur.

Masjid Al Akbar terletak di bagian selatan kota Surabaya, tepatnya di daerah Pagesangan, dekat dengan jalan tol Surabaya-Gempol. Masjid Al Akbar diresmikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Presiden RI yang saat itu dijabat oleh Bapak Abdurrahman Wahid.

Masjid Al Akbar Surabaya Dari Depan

Pemberhentian pertama di sebuah masjid raya yang bernama Masjid Al Akbar Surabaya. Karena belum memasuki waktu subuh, kami menyempatkan mandi dan membersihkan diri di kamar mandi umum di kompleks Masjid Al Akbar. Kami mengantri kamar mandi umum yang digunakan secara bergantian. Kondisi tempat mandi dan berwudlu di Masjid Al Akbar cukup terawat dengan baik dan selalu terjaga kebersihannya.

Menara Masjid Al Akbar Surabaya

Setelah selesai membersihkan diri dan berwudlu, kami langsung bergegas memasuki bangunan utama Masjid Al Akbar Surabaya. Adzan subuh dikumandangkan dan beberapa saat kemudian dikumandangkan iqomah untuk memulai shalat subuh berjamaah. Iman masjid berasal dari pengurus dari takmir masjid dan para jamaah berdiri merapatkan barisan untuk memulai shalat.

Sisi Lain Masjid Al Akbar Surabaya

Cukup banyak juga jamaah shalat subuh di Masjid Al Akbar Surabaya, karena hampir dua shaf besar dipenuhi oleh jemaah. Bila dihitung jumlah jemaah yang ada sekitar 100 orang lebih. ajaib memang karena sering ketika saya mengikuti jamaah shalat subuh di masjid hanya ada beberapa jamaah yang datang dan tidak tidak sampai dua shaf (baris) terisi penuh dengan jumlah sekitar 10 orang.

Masjid Al Akbar berdiri diatas tanah seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi. Kesan unik dari bangunan ini terletak pada desain kubah masjid yang unik seperti struktur daun dengan kombinasi warna hijau dan biru yang memberikan kesan sejuk dan segar.

TeamTouring Di Masjid Al Akbar Surabaya

Setelah selesai shalat subuh yang berlangsung cukup khusu’, kami duduk-duduk di sekitar area parkir kendaraan Masjid Al Akbar Surabaya. Perlahan-lahan matahari mulai menerangi kawasan ini. Sambil melihat langit cerah terpancar sinar matahari yang menyilaukan, berharap semoga perjalanan lancar.

Ada 74 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Irfan:

    subuh di masjid besar kaya gitu, ah….indah nian.
    inget masjid kampus dulu…

  2. adis:

    Coba yang tiga orang foto itu latar belakangnya yang di foto pertama, jadi saya bisa membayangkan seberapa besar masjidnya….

  3. denologis:

    Aku tidur dowang wae ah….

  4. yoan:

    ah…
    benarbenar jadi kangen surabaya…

    ini kompleks masjid cuma kurang pohon aja kali ya…
    (dulu sih pohonnya jarang. sekarang?)
    eh tapi kalo banyak pohon ntar jadi kayak kebun raya purwodadi dong…
    *halah*

  5. piepiet:

    kunnjungan balik nich :)

    wei..
    lg di surabaya ya..
    hhhmm…
    masjid nich deket lho dr rumah ku
    kl hari minggu pagi, masjid nich rame bngt..
    banyak orang jualan dan jogging di sekitar masjid..
    *termasuk saya* :)

  6. al-sabaliny:

    Alhamdu lillah, bersyukur masih ada masjid yang ramai ketika shalat shubuh.

  7. antown:

    itu dekat sama tempat tinggal saya, kalau hari minggu kesana dengan mengayuh sepeda saja. itu dulu, saat saya masih sekolah atau kuliah. sekarang sudah jarang lagi kesana.

    hari minggu adalah harinya pasar rakyat. ya!! ada banyak penjual disana. memanfaatkan lahan kosong di sebuah lapangan di samping masjid, samping gereja.

  8. escoret:

    woooowww…blom lengkap klo belom mmpr ke semarang….ada masjid agung…..keren tuh….

  9. reallylife:

    mesjidnya indah banget mas, semoga mas bisa juga menyinggahi mesjid-mesjid yang lainnya
    amin

  10. fraders:

    wah… bro ini orangnya religius juga ya…

  11. Bang Ais:

    megah jg ya masjid nya….

  12. tuannico:

    kunjungan baLik ni om.. :)

    saLam kenaL juga ya..

  13. kharinblog:

    Kunjungan balik nie!
    Sbg org surabaya saya ckp terkesima sama masjidnya *tepuktanganyangmeriah*
    ada orang bilang kalo naik menaranya kita bisa liat semua tempat di surabaya! Bhkn jmbtn suromadu juga kelihatan *terlalu hiperbola kah itu?*

  14. fahmi!:

    eh, hari apa itu sholat subuh disitu? kalo minggu pagi rame, banyak betebaran orang jual makanan di sekeliling masjid :D

  15. kezedot:

    sungguh sahabat
    postinganmu bikin bloue ngiri
    karena blue belum sempat shalat subuhnya di masdjid dekast rumah

    salam hangat selalu
    met berakhir pekan ya

  16. catur ariadie:

    Gede banget mesjidnya..

    islamic centre yang ada di kota saya ga sampe segitu kayaknya tp dah gede banget…

  17. masnoer:

    wih keren abis kok ndak nanya aristek nya dari mana tu . . . .kira2 jamaahnya ada berapa sof mas waktu subuh kalau sampai penuh ya lumayan atau malah kemajuan

  18. ikhsan:

    kok jamaahnya cuma tiga :D

  19. Dinoe:

    mantap artikelnya…saya jadi pingin sholat disana….

  20. Hary4n4:

    Jadi inget kalo dulu pernah ikut bantu jualan bunga hiasan di komplek masjid…hehe. Oh ya mas..di Surabaya rencananya berapa hari..? Salam.

  21. arifudin:

    sungguh megah masjidnya ;)

  22. artasastra.com:

    Wew..
    Salamat datang di sby mas..
    Hehehe.. ;)

  23. tanahsirah:

    Wah mesjidnya sangat indah dan megah, moga suatu saat saya juga bisa kesana.

  24. awi:

    masjidnya bagus ya, nggak nyangka.
    biasanya saya merasa seneng bgt klo nemuin masjid bagus dalam travelling dan sholat di dalamnya. itu suatu keindahan tersendiri

  25. Ani:

    Moga kalau ke Surabaya bisa mampir sholat di masjid ini, biasanya Surabaya buat lewatan doang.

  26. zam:

    mesjid di pinggir tol itu yo?

  27. cirux:

    sekarang kebanyakan masjidnya aja megah jamaah sedikit :(

  28. Andy MSE:

    jian… mesjide keren bangets…

  29. gdenarayana:

    aihhh, megah banget masjidnya…

  30. Paman Gober:

    wah sholat shubuh membawa berkah tuh mas

  31. TRIMATRA:

    wedew…dah nyampe surabaya juga tow…
    eh..bro..kapan2 touring ke sendangkempit yuk…, asik kayaknya utk foto2.

    lihat foto masjidnya jadi inget , ku dulu juga pernah subuhan disono..

  32. KangBoed:

    hehehe… asyik yaaaa… mutar mutar teruuus…

  33. Septian:

    Wah…asik tuh Sholat disana kayanya….
    mungkin pas kalian sholat aku masih terlelap…kekekeek

  34. Shanty:

    wedeh.. kalo tarawih disana trus tahajud adem kali ya.. konsentrasi penuh..

  35. Nugraha:

    Indahnya masjid itu… Mudah2an shafnya tidak mengalami kemajuan (maksudnya dari beberapa baris, menjadi hanya 1 baris), atau malah berdua (maksudnya imam, berdua sama tikar)

  36. Rusa Bawean™:

    wahhh
    di Surabaya koq gak bilang2
    kan bisa mampir
    :)

    BTW
    aku dah 4 di Surabaya
    1 kali pun blom pernah masuk masjid ini
    wahhh besok mampir deh
    :)

  37. M. Surya Iksanudin:

    Kok gak ngajak2 ya!

  38. arqu3fiq:

    Koq gag mampir ke rumahku loh? Aku di surabaya cak.

  39. itempoeti:

    piye rasane? ono bedane ra karo sholat nang omah?

  40. Neng Aia:

    wahh.. megah yah mesjidnya! pasti adem tuh…

    btw, pengen touring juga nih,, udah lama ga travelling ~_~

  41. ~noe~:

    :-/
    manusia pemilik blog ini emang bikin iri.
    barusan pulang dari pacitan via gunung kidul…
    eh sudah nulis di surabaya…
    wis jan tenan

  42. Sari:

    Hehe..
    Akhirnya..
    Ada liputan ke Surabaya juga :D

    Oiya, mas..
    Ada yang bikin aplikasi facebook tentang wisata juga..
    Jikalau sempat silakan mampir ke http://apps.facebook.com/nusaview

  43. attayaya:

    haaaa kemaren ke surabaya aku ga ke mesjid ini
    rugi juga rasanya

  44. Noer:

    Wah, hobinya touring ya mas? Asyik banget nih. Terima kasih telah kunjungi blog saya n kasih komen di sana. Salam kenal

  45. Seno:

    Di Surabaya jelang subuh, langitnya udah terang ya Mas.

  46. bunga raya:

    selamat malam sahabat mayaku apa kabar

  47. suwung:

    berarti motoran ampe pagi?

    • annosmile:

      naek bus wung :P

  48. marsudiyanto:

    Ikut Ke Masjid…

  49. Taktiku:

    mesjidnya bagus

  50. komuter:

    hal yang sama terjadi pada kami, saat backpack ke puncak berjamaah di mesjid.
    suasana berbeda menambah rasa khusuk.

  51. Indonesia Menulis:

    Sholat di masjid mana aja sebenarnya sama saja, tinggal faktor khusu’ yang berpangaruh. Menurut pendapat seorang guru, yang memiliki keafdlolan lebih tinggi ada di masjidil haram. Hanya saja yang sangat disayangkan, terkadang waktu study tour banyak yang melupakan sholat, ini pernah terjadi sewaktu saya ikutan study tour lulusan man, padahal tournya wisata religi di tempat maqom para wali 9. kang! Kalo dibali gak dapet masjid jangan nyerah ya?. untuk mempererat silaturahmi dan menambah indahnya berbagi, saya sudah memasang Link sampeyan di blog saya, jika berkenan silahkan di Link blog saya. He he he… Silahkan check di http://www.indonesiamenulis.com/2009/04/link-exchange.html

  52. Ravatar:

    Teduh…adem…menyejukkan jiwa dan raga :)

  53. ajengkol:

    Wow keren tempatnya

  54. pakde:

    Bentuk kubahnya hampir mirip dengan Kubah K.U.A yang ada di Wilayah Lampung. Saya lupa nama kantor depag itu. saya juga nggak ngerti kenapa dibangunannya dibuat mirip masjid. padahal itu itu kantor Depag.

  55. harianku:

    mampir mas.. :)

  56. Taruma:

    Wow, jadi kepengen kesana.. :D

  57. senoaji:

    ra penting mesjide dongamu piye?

    • annosmile:

      moga-moga perjalananku lancar :)

  58. gajah_pesing:

    kok gak mampir bro..?

    • annosmile:

      kunjungan kampus bro :)

  59. masDan:

    Lama Banget sayah Ndak Ke Al Akbar …

  60. hanif:

    Jama’ah subuhnya cuma dua shaff ya untuk masjid sebesar itu? sayang ya, masjid sebesar itu jama’ahnya segitu…adakah yang salah?

  61. xitalho (lmao):

    Weh nyambi dadi religius touring…. hehehehe top tanan, marai ngiler wae iki.

  62. nietha:

    waa..kapan ya bisa kesana..

  63. wahyu ¢ wasaka:

    Mesjid nya megah banget euy…
    mesjid di kampung dan di kota saia ngga begitu nya tuh… :(

  64. T. Wahyudi:

    wah… baru tahu saya mas… kalau masjidnya semegah itu… kapan-kapan kalau ke surabaya mampir ah…. :)

  65. JAUHDIMATA:

    iya bro.. masjidnya nyaman dan enak
    saya juga sering mampir tidur sholat disana.
    lumayan silir-silir menghilangkan panasnya kota surabaya

  66. mas stein:

    cuma sering lihat kubahnya karena kalo lewat tol keliatan tapi blom pernah mampir ke situ

  67. wi3nd:

    aLhamdulilah bisa berjamaah di @ masjid dLm tourin9.. :)
    masjidna ba9us yaa..??
    aku ju9a belum pernah kesamPaian shoLat di masjid ketika dLm perjaLanan2….

  68. galuharya:

    weh

    dolan nang suroboyo kok gak woro2 kang

    kan isok mampir nang gubukku

  69. KangBoed:

    hmm.. ajak ajak dunk…

  70. achiles:

    Kenapa gak bilang2 kalo mau ke SBY biar bisa mampir ketempatku :D

  71. anas:

    gw pernah dua kali lewat masjid ini.(cuman lewat. ! :( )

    keren bgt ini masjid, lebih artisitik drpd istiqlal, tp kalah gede ama istiqlal.

Kirim pendapat