Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim merupakan masjid raya dan masjid terbesar yang berada di pusat kota Madiun Jawa Timur. Masjid ini sudah berusia ratusan tahun dan dibangun pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Arsitektur masjid ini terlihat megah dengan beberapa kubah yang berukuran besar serta sebuah menara masjid yang cukup tinggi.

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun terletak di Jalan Alun-Alun Barat, Kota Madiun, Jawa Timur.

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun Dari Luar

Lokasi Masjid Agung Baitul Hakim berada di kawasan Alun-Alun Kota Madiun. Posisi tepatnya berada di sebelah barat alun-alun dan terlihat jelas menara masjidnya dari kejauhan. Area parkir yang disediakan untuk pengunjung masjid cukup luas dan dapat menampung lebih dari 20 unit kendaraan beroda empat.

Serambi Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun berdiri megah dengan satu menara di sisi kanan. Arsitektur masjid ini mengadopsi gaya Mediterania yang tampak pada lengkungan dan pilar-pilar masjid. Kubah masjid ini jumlah 5 (lima) buah yang terdiri dari 1 (satu) kubah besar di bagian tengah, 3 (tiga) kubah yang lebih kecil di depannya, dan 1 (satu) buah kuah lagi di sisi selatan. Warna biru mendominasi warna masjid ini disamping itu ada balutan warna keemasan. Selain itu dibangun taman kecil dihalaman masjid agar terlihat lebih asri dan sejuk dipandang.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Rembang

Ruangan Utama Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun diperkirakan dibangun pada tahun 1830an tepatnya pada pemerintahan Ronggo Jumeno. Renovasi dan perombakan secara besar-besaran terhadap masjid ini terjadi pada tahun 2002. 4 (empat) pilar utama masjid yang terbuat dari kayu jati masih dipertahankan meskipun bagian lain telah mengalami perombakan total. Selanjutnya pada tahun 2011 dilakukan perluasan serambi masjid, penambahan kubah, dan menara masjid. Keberadaan menara masjid ini sepertinya menarik dijadikan wisata seperti Menara Masjid Agung Semarang. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat karena bagian puncak menara masjid masih disewa oleh operator seluler untuk keperluan jaringannya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Masjid Agung Baitul Hakim
Jl. Alun-Alun Barat, Kota Madiun, Jawa Timur

Kirim pendapat