Masjid Agung Al Munawwar Tulungagung

Masjid Agung Al Munawwar Tulungagung
2.5 (50%) 2 votes

Masjid Agung Al Munawwar merupakan masjid raya yang berada di pusat kota Tulungagung Jawa Timur. Arsitektur masjid ini menggabungkan arsitektur modern dengan arsitektur klasik dengan model kubah berbentuk kerucut seperti masjid jaman dahulu. Menurut informasi yang didapat, masjid ini berusia cukup tua namun mengalami berulangkali renovasi yang menyebabkan masjid ini tampak seperti masjid baru.

Masjid Agung Al Munawwar Tulungagung terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 2 Tulungagung, Jawa Timur.

Masjid Agung Al Munawwar Tulungagung Dari Depan

Lokasi Masjid Agung Al Munawwar berada di kawasan Alun-Alun Kusuma Wicitra Tulungagung. Letak tepatnya berada pada sisi sebelah barat alun-alun dan disamping kantor pos Tulungagung. Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1841 Masehi atau 1262 Hijriah. Sejarah masjid ini tidak diketahui secara pasti karena minimnya penulisan sejarah mengenai masjid ini.

Pembangunan dan renovasi total terhadap Masjid Agung Al Munawwar ini membuat masjid ini terlihat seperti masjid yang belum lama dibangun. Hal yang tersisa dari pembangunan awal masjid ini adalah bedug masjid yang terlihat sudah berumur ratusan tahun dan sketsa masjid sebelum mengalami renovasi. Tidak ada foto-foto atau yang memperkuat bukti bahwa masjid ini merupakan masjid tertua di Tulungagung. Masjid Agung Al Munawwar saat ini mampu menampung lebih dari 1000 jamaah masjid. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Masjid Agung Al A'la Gianyar

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cintalaura:

    Seru nih baca review2 masjidnya, coba juga dong review masjid di citraraya tangerang. Sekalian aja jalan2 disini krn perumahannya banyak tempat wisata

Kirim pendapat