Masjid Agung Al A’la Gianyar

Masjid Agung Al A’la Gianyar
2.5 (50%) 2 votes

Masjid Agung Al A’la merupakan masjid yang dibangun di ibukota kabupaten Gianyar. Masjid ini dibangun diatas tanah wakaf kemudian direnovasi secara total oleh Departemen Agama Kabupaten Gianyar. Fungsi utama masjid ini sebagai tempat ibadah para umat Islam yang berada di sekitar kabupaten Gianyar. Arsitektur masjid ini bergaya modern dengan desain minimalis tanpa memiliki cirikhas bangunan rumah di Bali

Masjid Agung Al A’la terletak di Jalan Kesatrian No.16 Lingkungan Candi Baru, kelurahan Gianyar, kecamatan Gianyar, kabupaten Gianyar, Bali 80511.

Masjid Agung Al A'la Gianyar Bali Dari Tepi Jalan

Lokasi Masjid Agung Al A’la berada di pusat ibukota kabupaten Gianyar. Posisi masjid ini berada di sebelah selatan Jalan Ngurah Rai Gianyar yang berada di jantung kota Gianyar. Cukup mudah menemukan masjid ini karena bangunan masjid ini merupakan bangunan masjid terbesar yang berada di pusat kota Gianyar.

Pintu Bangunan Utama Masjid Agung Al A'la Gianyar

Masjid Agung Al A’la berdiri pada tahun 1967 M diatas tanah wakaf dengan nama Masjid Jami’ Al-A’la. Pada tahun 1983 dilakukan renovasi bangunan masjid meliputi perbaikan pintu, jendela, dan lantai masjid. Pada tahun 1992 dilakukan pelebaran area serambi masjid kemudian dilanjutkan pada tahun 1995 dengan renovasi masjid secara total. Perkembangan selanjutnya masjid ini ditetapkan dengan nama Masjid Agung Al A’la Gianyar.

Bangunan Masjid Agung Al A’la Gianyar terdiri dari dua lantai dimana bagian dasar digunakan sebagai kantor dan lantai dua digunakan sebagai tempat beribadah. Masjid ini menggunakan arsitektur modern dengan kubah besar berwarna hijau pada bagian atapnya. Arsitektur khas Bali hanya tampak pada bagian gapura dan pagar yang mengelilingi kawasan masjid ini. Fasilitas pendukung masjid cukup lengkap dan terawat dengan baik mulai tempat berwudlu, kamar mandi, wc, area parkir, dan kipas angin.

Arsitektur Dalam Masjid Agung Al A'la Gianyar

Masjid Agung Al A’la menjadi salah satu pilihan umat Islam untuk beribadah di sekitar Gianyar. Agama Islam di wilayah Gianyar merupakan agama minoritas dengan jumlah pemeluk cukup sedikit. Pengunjung masjid ini sebagian besar merupakan umat Islam yang tinggal di sekitar Gianyar dan sisanya merupakan musafir termasuk wisatawan yang kebetulan melewati daerah ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Masjid Agung Al-A'la
Jl. Kesatrian 16 Gianyar 80511
Telp: (0361) 944966

Kirim pendapat