Masjid Ageng Boyolali, Bangunan Baru Tapi Fasilitas Kurang Terawat

Masjid Ageng Boyolali merupakan salah satu tempat ibadah yang dibangun di dalam Komplek Terpadu Pemkab Boyolali. Masjid ini diresmikan pada tanggal 3 Agustus 2015 oleh bupati terpilih Bapak Drs. Seno Samodro. Arsitekturnya terlihat sederhana dengan ciri utama satu buah kubah dibagian tengah masjid.

Masjid Ageng Boyolali terletak di Komplek Terpadu Pemkab Boyolali, kelurahan Kemiri, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

 

Lokasi Masjid Ageng Boyolali berada di dalam kawasan Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Boyolali. Rute termudah dari Jalan Raya Semarang-Solo atau Jalan Raya Boyolali-Solo langsung masuk ke Komplek Perkantoran Pemkab Boyolali. Ikuti petunjuk jalan menuju ke arah masjid. Area parkir yang disediakan untuk pengunjung masjid cukup luas dan dapat menampung lebih dari 40 unit kendaraan beroda empat dan ratusan kendaraan roda dua.

Masjid Ageng Boyolali terdiri dari bangunan utama satu lantai dengan satu menara di sisi kiri. Kubah masjid berjumlah satu buah di tengah-tengah masjid. Arsitekturnya cukup sederhana dengan desain bangunan modern. Pada bagian luar terdapat bedug dan kenthongan yang dibunyikan sebelum adzan. Pada bagian dalam atau ruangan utama dibagi antara shaf laki-laki dengan shaf perempuan dengan menggunakan tirai. Pada samping tempat imam terdapat mimbar untuk ceramah yang terbuat dari kayu jati yang diukir.

Fasilitas pendukung Masjid Ageng Boyolali tergolong cukup lengkap karena belum lama dibangun. Sebut saja area parkir yang luas, kamar mandi/wc, tempat wudlu, karpet untuk shalat, kenthongan, bedug, dan kantor takmir. Hanya saja sebagian fasilutas yang ada kurang terawat. Ketika kami berkunjung ke masjid ini, kondisi air di tempat wudlu pria/laki-laki tidak mengalir dengan lancar. Bahkan kondisi tempat buang air kecil sebagian rusak dan aliran pembuangannya tersumbat. Kondisi semacam ini menimbulkan bau yang tidak sedap dari ruangan tempat buang air kecil. Saya pikir pengelolaan dan perawatan masjid masih harus banyak belajar dari Masjid Agung Boyolali yang berada di depan Pendopo Alit Boyolali. Semoga hal-hal tersebut dapat sebagai koreksi agar pengelola masjid dan pemerintah daerah Boyolali agar lebih memperhatikan perawatan fasilitas masjid. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Jepara
INFORMASI
Masjid Ageng Boyolali
Komplek Terpadu Pemkab Boyolali, Jl. Boulevard Sokarno, kelurahan Kemiri, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Kirim pendapat