Martabak Telur 28 Dan Nostalgia Jajanan Pasar Beringharjo Yang Telah Pindah

Martabak Telur 28 Dan Nostalgia Jajanan Pasar Beringharjo Yang Telah Pindah
3.5 (70%) 4 votes

Martabak Telur 28 merupakan jajanan legendaris yang dulu mangkal di pojok depan Pasar Beringharjo Yogyakarta. Gerobak kakilima yang buka mulai sore hari hingga malam hari ini bersanding dengan jajanan pasar lainnya seperti onde-onde, bakpao, lumpia, klepon, getuk, dan putu ayu. Namun keberadaan gerobak kakilima ini sudah pindah ke Jalan Letjen Suprapto akibat pembenahan kawasan Malioboro.

Martabak Telur 28 terletak di Jalan Letjen Suprapto, kelurahan Ngampilan, kecamatan Ngampilan, kota Yogyakarta.

Lokasi Martabak Telur 28 sekarang sudah pindah dari depan Pasar Beringharjo ke area tepi Jalan Letjen Suprapto Yogyakarta. Rute dari kawasan Nol Kilometer ke arah barat melewati RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan tiba di perempatan Ngabean yang terdapat Taman Parkir Bus Ngabean. Ambil jalan ke kanan atau arah utara memasuki Jalan Letjen Suprapto. Ikuti Jalan Letjen Suprapto sejauh 400 meter dan posisi gerobak kakilima ini berada di sisi kiri jalan atau barat jalan. Gerobak Martabak Telur 28 menempati area parkir komplek ruko yang terlihat tutup pada malam hari.

Sejarah kapan berdirinya Martabak Telur 28 tidak pasti yang jelas gerobak kakilima ini sudah ada di era tahun 90an gerobak kakilima ini sudah hadir di pojokan depan Pasar Beringharjo sisi selatan tepat pertigaan jalan antara Jalan Jend. Ahmad Yani (Malioboro) dengan Jalan Pabringan. Pembenahan depan Pasar Beringharjo menjadi kawasan pedestrian membuat pemilik usaha ini memutuskan memindah dagangannya ke tepi Jalan Letjen Suprapto Yogyakarta hingga saat ini. Cukup salut atas inisatif pemilik usaha gerobak untuk pindah daripada melanggar aturan dengan tetap bertahan untuk berdagang di area depan Pasar Beringharjo.

Menu Martabak Super di Martabak Telur 28 yang saya pesan dikemas dengan kertas minyak berwarna coklat. Martabak Super ini merupakan dua kali porsi martabak biasa dimana martabak biasa dibuat terlebih dahulu kemudian dilapisi dengan isi dan kulit martabak lagi. Martabak yang sekarang lebih dikenal sebagai martabak asin ini berukuran sekitar 30 cm x 20 cm dengan dipotong menjadi 12 bagian. Potongan bagian tepi terlihat lebih besar daripada bagian tengah. Martabak asin ini dinikmati dengan acar dan cabe rawit yang disertakan dalam bungkus martabak. Penampilan Martabak Super ini berwarna kuning kecoklatan dan kondisinya agak sedikit berminyak. Cita rasanya cenderung gurih dan sedikit asin khas martabak original atau martabak tempo dulu. Bagi saya pribadi cita rasa martabak asin di Martabak Telur 28 masih berani diadu dengan martabak kekinian seperti Martabak Casablanca, Martabak Gahar, dan sebagainya.

Menu kue atau roti Terang Bulan rasa Coklat di Martabak Telur 28 sudah jadi atau sudah dibuat, kemudian tinggal dipanaskan, dan diberi margarin dan topping rasa. Terang Bulan yang saya pesan kemudian dikemas dengan kertas minyak berwarna coklat. Kue Terang Bulan terebut telah dipotong 8 (delapan) bagian. Penampilan permukaan kue Terang Bulan terlihat kering namun sedikit berminyak. Kue Terang Bulan ketika digigit dan dikunyah terasa cukup padat, agak kenyal, dan agak lembut khas seperti kue Terang Bulan jaman dahulu. Topping pengisi kue Terang Bulan yaitu meses coklat dan margarin menggunakan meses curah atau kiloan begitu juga dengan margarin yang digunakan. Cita rasanya cenderung biasa dan lebih condong ke arah manis dibandingkan dengan rasa coklat sendiri. Namun bagi penikmat makanan tempo dulu atau jaman dahulu, cita rasa terang bulan sederhana seperti inilah yang mereka cari. Jangan dibayangkan cita rasanya mirip seperti martabak manis kekinian seperti Markobar, Martabak Casablanca, dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan Martabak Telur 28 tergolong standar untuk harga martabak dan terang bulan di sekitar kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Martabak Telur 28 dapat menjadi salah satu warung nostalgia jajanan lawas khas Pasar Beringharjo pada zaman dahulu. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU MARTABAK TELOR
  • Super : Rp 38.000,-
  • Spesial : Rp 30.000,-
  • Istimewa : Rp 24.000,-
  • Biasa : Rp 19.000,-

*update 12 Juli 2018*

DAFTAR MENU TERANG BULAN
  • Coklat Kacang Keju : Rp 16.000,-
  • Keju : Rp 16.000,-
  • Coklat Keju : Rp 15.000,-
  • Kacang Keju : Rp 14.000,-
  • Coklat Kacang : Rp 13.000,-
  • Coklat Nanas : Rp 13.000,-
  • Coklat Strawberry : Rp 13.000,-
  • Coklat : Rp 13.000,-
  • Kacang : Rp 12.000,-

*update 12 Juli 2018*

Penilaian Menu Martabak Telur 28
  • 7.2/10
    Terang Bulan rasa Coklat - 7.2/10
7.2/10
INFORMASI
Martabak Telur 28
Jl. Letjen Suprapto, kelurahan Ngampilan, kecamatan Ngampilan, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 22.00 WIB

Kirim pendapat