Mari Memotret Guest House, Pilihan Menginap Yang Nyaman Di Selatan Yogyakarta

Mari Memotret Guest House merupakan pilihan tempat menginap selain hotel, penginapan, dan homestay di wilayah Jogja Selatan dekat dengan Jalan Parangtritis Yogyakarta dan Ringroad Selatan. Konsep guest house ini unik karena menggunakan istilah memotret yang berkaitan dengan dunia fotografi. Walaupun dikhususkan untuk wisatawan yang hobi memotret, Mari Memotret Guest House juga menerima wisatawan lain yang ingin menginap di tempat ini.

Mari Memotret Guest House beralamat di Perumahan Graha Yasa I, Jalan Parangtritis Ringroad Selatan Yogyakarta. Mari Memotret Guest House juga dapat disebut sebagai rumah sewa harian, rumah sewa mingguan, atau family homestay.

Mari Memotret Guest House Dari Luar

Lokasi Mari Memotret Guest House berada di pinggir selatan kota Yogyakarta/Jogja. Tepatnya berada di sebelah selatan Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta dengan akses masuk dari Jalan Parangtritis. Kondisi jalan menuju tempat ini sudah cukup baik dan mampu dilewati kendaraan roda empat hingga bus berukuran kecil. Kawasan selatan kota Yogyakarta dipilih karena kawasan tersebut masih cukup sepi, tenang, dan jauh dari keramaian seperti pusat kota Yogyakarta dan kawasan utara Yogyakarta seperti Jalan Kaliurang, Seturan, Babarsari, serta sebagainya.

Posisi Mari Memotret guest House berada di tengah-tengah kawasan pemukiman penduduk atau perumahan yang tenang dan jauh dari keramaian lalu lintas. Masyarakat sekitar juga cukup ramai terhadap tamu atau pengunjung yang datang di kawasan ini. Kondisi lingkungan sekitar cukup aman dari tindak kejahatan dan adanya pos satpam di pintu masuk kompleks tempat Mari Memotret Guest House berada. Cocok digunakan untuk menginap bagi wisatawan yang mencari suasana tenang dan nyaman seperti dirumah mereka sendiri. Bila tamu guest house kesulitan menuju Mari Memotret Guest House dapat dipandu menuju ke lokasi oleh pengelola guest house.

Bangunan Mari Memotret Guest House terdiri dari ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan, dapur, tiga kamar tidur, dua buah kamar mandi, dan sebuah garasi parkir mobil.

Sofa Santai Di Mari Memotret Guest House

Tiga kamar tidur yang disediakan oleh Mari Memotret Guest House memiliki kriteria yang berbeda. Kamar tidur pertama berukuran 3 x 3 meter dengan kasur springbed single yang terdapat tambahan kasur (extra bed) pada bagian bawahnya. Kamar tidur kedua berukuran 3 x 4 meter dengan kasur springbed doble dan kamar mandi dalam. Kamar tidur ketiga berukuran 3 x 2.75 meter dengan kasur springbed single. Masing-masing kamar telah dilengkapi oleh pendingin ruangan berjenis AC dan lemari.

Asal usul pemberian nama ‘Mari Memotret’ adalah guest house ini pada awalnya dikhususkan untuk tamu atau pengunjung yang hobi membidik kamera atau memotret. Dengan informasi yang akurat dari Mari Memotret Guest House, tamu guest diharapkan menemukan banyak tempat dan hal menarik selama berkunjung serta berwisata di Yogyakarta.

Salah Satu Kamar Tidur Di Mari Memotret Guest House

Ruang Keluarga Mari Memotret Guest House yang menyatu dengan ruang tamu berbentuk memanjang dari pintu masuk utama. Ruang keluarga dilengkapi oleh dua buah sofa empuk, karpet, meja kecil serta beberapa buah bantal berukuran besar dan sedang. Fasilitas yang disediakan di ruang keluarga adalah TV berlayar besar dengan layanan tv kabel (tv cable) dan alat pemutar cd/dvd. Selain itu disediakan pula kipas angin berdiri untuk mendinginkan ruangan. Sebuah kamar mandi terletak di luar ruangan dan berada di samping dapur.

Hal yang menarik di ruang tamu Mari Memotret Guest House adalah koleksi buku panduan wisata dan brosur wisata di sekitar Yogyakarta yang cukup lengkap. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, jadwal event bulanan dan tahunan, wisata alam seperti gunung, danau, dan pantai hingga yang paling menarik yaitu wisata kuliner. Selain itu disediakan pula peta wisata kota Yogyakarta yang cukup lengkap dan terbaru.

Fasilitas TV Kabel Di Mari Memotret Guest House

Ruang Makan Mari Memotret Guest House disediakan dua meja dan enam buah kursi berdesain minimalis. Sebuah peralatan minum teh dari gerabah disediakan dengan satu teko kecil dan tiga buah cangkir. Di sudut ruang makan terdapat lemari es yang berisi beberapa minuman dingin yang siap untuk disantap dan dispenser air mineral (hot, cold, dan normal). Tamu guest house dapat memanfaatkan fasilitas lemari es ini untuk menyimpan atau mendinginkan makanan dan minuman yang mereka beli saat menuju tempat ini.

Keberadaan Ruang Dapur di Mari Memotret Guest House cukup membantu untuk memasak air untuk membuat minuman sendiri atau memasak mie instant dan makanan yang memerlukan pemasakan terlebih dahulu. Mari Memotret Guest House menyediakan beberapa jenis minuman yang siap seduh seperti teh celup, kopi hitam bubuk, dan kopimix. Untuk jenis minuman yang lain dipersilakan membeli di toko atau minimarket terdekat.

Meja Unik Untuk Menikmati Hidangan teh Di Mari Memotret Guest House

Mari Memotret Guest House membidik wisatawan keluarga dan rombongan kecil yang membutuhkan kenyamanan dan ketenangan dalam berwisata ke kota Yogyakarta. Wisatawan keluarga dan rombongan kecil disarankan memilih guest house dan homestay daripada hotel karena guest house lebih memiliki keleluasaan dan fasilitas yang lebih lengkap seperti dirumah sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan menerima wisatawan jenis lain untuk menginap di guest house ini. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran guest house dengan fasilitas yang cukup lengkap di sekitar Yogyakarta. Kekurangannya adalah lokasinya sedikit tersembunyi dan belum dilengkapi fasilitas hotspot internet (wifi) serta water heater (air panas).

Akses menuju lokasi wisata dari Mari Memotret Guest House terbilang strategis karena dekat dengan jalan utama menuju pusat kota Yogyakarta dan jalan ke arah kawasan wisata pantai yang cukup terkenal yaitu Pantai Parangtritis. Letak guest house yang dekat dengan Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta cocok untuk menghindari kepadatan pusat kota Yogyakarta saat melakukan perjalanan ke luar kota untuk berwisata.  Beberapa wisata unggulan yang berada disekitar Yogyakarta seperti Kraton Yogyakarta, Wisata Lava Merapi, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan pantai Gunungkidul seperti Pantai Pulang Syawal (Indrayanti) dan Pantai Baron. Rencana kedepannya pengelola akan melengkapi fasilitas guest house dengan kendaraan (mobil/minibus) dengan paket wisata, paket tour, foto trip, atau istilah lainnya ke destinasi wisata unggulan dan alternatif di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

RATE (HARGA SEWA)

IDR 500.000/night/malam/6 orang

  • 3 tempat tidur (AC), 2 kamar mandi
  • 6 orang + sarapan (6 orang), max 10 orang
  • Tidak ada tambahan extra bed
  • Check-in pukul 13:00 & Check-out pukul 10:00
  • Terdapat tambahan biaya selama Hari Libur/Peak Seasons, Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru
INFORMASI TAMBAHAN

Wisata Kuliner Terdekat

  • Sego Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto. Alamat: Jl. Parangtritis (Belakang ISI), dusun Nengahan, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. Jarak sekitar 2 kilometer dari Mari Memotret Guest House.
  • Sambal Belut Pak Sabar. Alamat: Jl. Imogiri Barat km 6, dusun Dokaran, desa Tamanan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga habis. Jarak sekitar 3 kilometer dari Mari Memotret Guest House.
  • Bakmi Jawa Harjo Geno. Alamat: Pasar Prawirotaman Jl. Parangtritis km 2 Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga pukul 24.00 WIB. Jarak sekitar 4 kilometer dari Mari Memotret Guest House.

Kawasan Pertokoan:

  • Alfamart. Alamat: Jl. Panagtritis, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta. Jarak sekitar 500 meter dari Mari Memotret Guest House.
Baca Juga  Mie Ayam Pak Kliwon, Legenda Mie Ayam Gerobak Biru Utara SMA Teladan Yogyakarta
INFORMASI
Mari Memotret Guest House
Perumahan Graha Yasa I. Jl. Graha Yasa I, Sewon, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188
Telp/Hp : 0817 134 869 (wa)
pin BB : 54EA D925

Harga
Rp 500.000,-/malam/6 orang

PETA

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Setya Firmanta:

    Mantab. Menjadi alternatif yang menarik bagi wisatawan untukmelewati malam guna menikmati keindahan jogja secara lebih leluasa. Fell at home. ?? Sae..sae…

  2. Iqbal Kautsar:

    Waah unik sekali namanya.
    DIlihat dari ruangannya tampak bersih banget ya. Referensi untuk menginap di Jogja bagian selatan

    Eh mas, ada voucher nginap mas? bagi dong mas Anno.. :D

Kirim pendapat