Mangut Lele Bu Is, Pesona Kuliner Pedesaan di Jetis Bantul

Mangut Lele Bu Is, Pesona Kuliner Pedesaan di Jetis Bantul
Rate this post

Mangut Lele Bu Is merupakan salah satu warung di daerah Jetis Bantul yang menyediakan hidangan utama berupa mangut lele. Mangut lele merupakan hidangan olahan ikan lele yang yang diberi bumbu kuah santan. Cita rasa yang ditawarkan oleh rumah makan ini sudah turun temurun dan saat ini usaha warungnya diteruskan oleh putranya.

Rumah Makan Mangut Bu Is terletak di Jl. Imogiri Barat Km 12, desa Sumber Agung, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul (Utara Perempatan Jetis). Menyediakan hidangan utama berupa Mangut Lele khas pedesaan dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00 atau hingga mangut lele habis.

Papan Nama Rumah Makan Mangut Lele Bu Is Bantul

Lokasi Rumah Makan Mangut Lele Bu Is cukup mudah ditempuh karena berada di tepi jalan raya dan tidak perlu harus masuk gang-gang perkampungan seperti beberapa wisata kuliner yang ada di Yogyakarta. Halaman samping rumah makan cukup luas untuk digunakan parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Bangunan rumah makan tampak baru dan lebih luas daripada sebelumnya karena mengalami renovasi bangunan yang rusak akibat gempa beberapa tahun yang lalu.

Memasuki Rumah Makan Mangut Lele Bu Is, saya memilih duduk secara lesehan. Disediakan pula meja kursi di samping rumah bagi pengunjung yang kurang nyaman duduk secara lesehan. Tempat ini cukup ramai dikunjungi saat jam makan siang dan hampir seluruh tempat duduk penuh pengunjung. Saya langsung memesan menu utama di rumah makan ini sambil bersantai menuju pesanan tiba. Tanpa menunggu lama pesanan kami tiba, beberapa piring langsung disajikan diatas meja hingga menyisakan sedikit ruang.

Hidangan Mangut Lele Bu Is Bantul

Ada sebakul nasi putih disesuaikan jumlah pengunjung, sepiring berisi taoge rebus dan daun kemangi, sepiring berisi bayam dan kenikir rebus, sepiring mentimun, sepiring berisi daun pepaya, sepiring potongan lombok (cabe) hijau rebus, sepiring bumbu urap dari parutan kelapa, dan satu cobek sambal terasi matang. Tidak ketinggalan pula sepiring berisi mangut lele lengkap dengan kuahnya.

Langsung saja saya langsung mengambil nasi berikut bermacam-macam sayuran yang disediakan lengkap dengan bumbu urapnya. Sayuran beserta bumbu urapnya cukup enak disantap dan berasa masakan khas pedesaan. Sambal terasi yang asin, pedas, dan manis bercampur menjadi satu. Yang paling penting adalah hidangan mangut lele yang menjadi menu utama warung ini. Mangut lele di rumah makan ini disajikan dengan kuah santan yang hampir memenuhi isi piring. Rasanya cukup gurih dan sedikit asin, tidak terasa pedas seperti mangut lele Mbah Geneng belakang ISI.

Nasi Dan Sayuran Di Rumah Makan Mangut Lele Bu Is Bantul

Secara keseluruhan menu mangut lele lengkap dengan sayurannya cukup menarik untuk disantap. Meskipun bila kita tidak memesan atau tidak menyukai sayuran yang disediakan tetap disajikan bermacam-macam sayuran karena itu merupakan paket makanan di rumah makan ini. Rasa makanan yang cenderung ke arah gurih dan asin cukup menjadi pilihan bagi orang yang kurang menyukai rasa manis dan pedas meskipun bagi penyuka rasa pedas disediakan sambal terasi. Harga mangut lele tergolong murah dengan paket makanan selengkap itu dan setiap orang hanya ditarik biaya sekitar Rp12.000,- hingga 15.000,- sudah termasuk minumannya. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. yasier jamal:

    duh…nikmatnya.selera nusantara.

  2. Rudi:

    Di bantul?! Jauh aja -_-
    Sekitaran jakbar dong :9

Kirim pendapat