Makna Kode JASO Pada Oli Pelumas

Rate this post

Kode JASO atau disingkat sebagai Japanese Automotive Standards Organization merupakan standardisasi jenis oli untuk melumasi bagian mesin. Standar ini dikeluarkan oleh untuk mengatur bagian dan jenis mesin mana saja yang boleh dilumasi oli tersebut. Di Indonesia sendiri kita mengenal dua macam kode JASO yaitu JASO MA dan JASO MB, berikut ulasannya:

JASO MA

JASO MA adalah jenis oli yang boleh melumasi mesin, transmisi, sekaligus kopling. Poin utamanya adalah di sektor pelumasan kopling, tipe JASO MA mampu melumasi bagian kopling tanpa membuat kopling selip (kopling yang selip menyebabkan tenaga tidak disalurkan dengan baik dari mesin ke transmisi). Contoh kendaraan yang wajib pakai JASO MA : Motor semi-otomatis & motor manual (karena kendaraan-kendaraan ini, kopling ikut mendapat pelumasan dari oli ; kopling basah)

JASO MB

JASO MB adalah jenis oli yang hanya boleh melumasi mesin dan transmisi saja. Bila oli JASO MB digunakan untuk melumasi sektor kopling akan menyebabkan kecendurngan slip kopling menjadi besar. Contoh kendaraan yang bisa pakai JASO MB : Motor automatic & mobil pada umumnya (karena kendaraan-kendaraan ini, kopling tidak ikut mendapat pelumasan dari oli ; kopling kering)

Baca Juga  Review Oli Shell Advance 4T AX7 10W40 Scooter

Kirim pendapat