10 Makanan Khas Semarang Yang Wajib Anda Ketahui

Rate this post

Makanan khas kota Semarang yang menjadi daya tarik kuliner utama ibukota propinsi Jawa Tengah ini antara lain :

1. Lunpia

Lunpia merupakan ikon kuliner kota Semarang sejak dahulu kala. Lunpia Semarang menjadi makanan favorit tidak hanya di Semarang melainkan juga diberbagai kota lainnya. Jajanan ini berisi tumisan rebung muda, telur, dan udang ini merupakan jajanan yang berassal dari tradisi turun temurun keluarga keturunan China. Kono makanan ini pertama kali dibawa masuk ke kota Semarang pada tahun 1930 oleh seorang pemuda China bernama Jwa Dayu. Salah satu Lunpia yang paling tersohor di Semarang adalah Lunpia Gang Lombok atau Warung Siem. Ada dua jenis Lunpia yang bisa kita pesan disini yaitu Lunpia basah dan Lunpia kering (goreng). Lunpia disajikan dengan saus kental yang ditaburi cacahan bawang putih, cabe rawit, dan bawang muda.

Baca artikel selengkapnya di Daftar Kuliner Lunpia Di Semarang

2. Tahu Petis

Tahu Petis merupakan makanan camilan yang disantap hangat-hangat sebagai teman minum teh hangat. Tahu yang lebih dan gurih berpadu dengan petis yang hitam manis dan beraroma khas, apalagi ditambah dengan cbai rawit rasanya akan membuat ketagihan.

Baca artikel selengkapnya di Daftar Kuliner Tahu Petis Di Semarang

3. Ganjel Rel

Ganjel Rel merupakan roti berwarna coklat yang diatasnya dilapisi wijen rasanya manis. Merupakan makanan khas kota Semarang yang populer dimasa lalu. Dinamakan ganjel rel karena bentuknya yang besar. Mengenai siapa pembuatnya dan kapan Ganjel Rel ini mulai dibuat, sampai saat ini tidak ada yang mengetahui asal usulnya. Roti unik khas kota Semarang ini dapat diperoleh di toko Jalan Pandanaran Semarang.

Baca Juga  Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Pak Darto, Mengikuti Jejak Rasa Mie Ayam Tumini

4. Tahu Pong

Tahu Pong adalah makanan berbahan dasar tahu tanpa isi alias kopong (kosong). Tahu pong biasanya langsung digoreng saat kita memesan jadi disajikan masih panas. Cara menyantapnya dengan mencocol pada kuah berwarna coklat kehitaman yang terbuat dari sambel kecap petis. Rasanya manis dan gurih dengan aroma bawang yang cukup menyengat.

Baca selengkapnya di Daftar Kuliner Tahu Pong Di Semarang

5. Moci

Moci atau kue Moci khas Semarang adalah kue yang bentuknya bulat kenyal terbuat dari tepung ketan dengan kacang sebagai isiannya dan ditaburi tepung pada bagian luarnya. Moci Semarang yang terkenal yaitu Moci Gemini. Kelebihan Kue Moci Gemini karena kue itu terasa lebih gurih di lidah dan taburan atasnya bervariasi, salah satunya adalah wijen. Kue Moci khas Semarnag telah mengalami variasi rasa seperti rasa durian, coklat, dan sebagainya.

6. Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi biasanya disebut presto. Cara ini dilakukan untuk membuat duri ikan bandeng tersebut menjadi lunak sehingga enak untuk dimakan dan tahan lama jika disimpan dalam lemari es. Biasanya dihidangkan dengan sambal terasi dan nasi hangat. Jika kebetulan Anda sedang bepergian ke Semarang dan ingin merasakan bandeng presto dari daerah asalnya, silakan mampir di salah satu toko yang berderet di sepanjang Jalan Pandanaran atau Mataram Semarang.

7. Wingko Babad

Wingko Babad adlaah sejenis kue yang terbuat dari kelapa, beras ketan, dan bahan-bahan lainnya. Tidak banyak yang tahu bahwa wingko ini sebenarnya berasal dari Jawa Timur. Namun karena makanan wingko ini terkenal berasal dari Semarang menyebabkan orang banyak mengira bahwa makanan ini berasal dari kota ini. Wingko saat ini dikembangkan dengan cita rasa yang beragam mulai dari rasa durian, coklat, nangka, dan lain-lain. Makanan ini dapat dibeli di sekitar Jalan Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, dan pusat penjualan Wingko Babad di Jalan Cendrawasih.

Baca Juga  Berbuka Puasa Di Masjid Agung Surakarta

8. Wedang Tahu

Wedang Tahu merupakan minuman khas Semarang yang konon berasal dari negeri China. Campurannya terdiri dari kembang tahu dan air jahe yang cukup menghangatkan tubuh. Kembang tahu yang halus membuatnya mirip seperti bubur sumsum.

9. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah salah satu mkanan khas kota Semarang. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang yang digreong kering dengan perpaduan rasa yang pas antara manis, gurih, dan pedas. Bahan penyusun lain seperti lontong, kol, tahu, taoge, dan telur goreng. Warung penjual tahu gimbal banyak ditemukan di tepi jalan seperti di Simpang Lima dan Taman KB di Jalan Menteri Supeno Semarang.

Baca artikel selengkapnya di Daftar Kuliner Tahu Gimbal Di Semarang

10. Mie Kopyok

Mie Kopyok merupakan campuran dari bakmi, tauge, lontong, irisan tahu, dan karak gendar. Bumbu yang digunakan berhana utama bawang garam yang dilarutkan air. Alasan disebut mie kopyok karena larutan bumbu bawang garam yang ditaruh dalam botol tersebut dituang ke dalam piring dengan cara dikopyok agar tercampur secara merata dan meresap.

Baca artikel selengkapnya di Daftar Kuliner Mie Kopyok Di Semarang

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. rizzaumami:

    padahal saya deket dari semarang kok masih ngerasa aneh kalo denger makanan yang namanya ganjel rel itu ya?

  2. TekoNeko:

    Tahu pong itu yg kaya tahu Sumedang itu bukan??

  3. Agusti Muhsy Maghribi:

    Mie kopyok, wkwkwkwk onok onok wae. hehehe Semoga diberi kesempatan untuk traveling ke semarang.

Kirim pendapat