Lumpia Samijaya, Jajanan Legendaris Dari Malioboro

Lumpia Samijaya atau ada yang menyebutnya dengan nama Lumpia Mutiara merupakan salah satu jajanan legendaris yang berada di kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta. Sebenarnya lumpia atau loenpia bukan makanan khas Yogyakarta melainkan makanan khas dari kota Semarang. Keberadaan kedai lumpia ini cukup mendapat perhatian pengunjung kawasan Malioboro yang melintas.

Lumpia Samijaya terletak di emperan toko Samijaya Malioboro atau Hotel Mutiara Jalan Malioboro  No. 18-20 Yogyakarta.

Lokasi Lumpia Samijaya berada di emperan Toko Samijaya yang berada di kawasan Malioboro Yogyakarta. Letak Toko Samijaya sendiri berada di sebelah Hotel Mutiara dimana merupakan hotel yang sudah lama berdiri di tepi kawasan wisata Malioboro. Cara termudah menuju kedai ini dari Malioboro Mall ke arah selatan sejauh 200 meter dan posisi kedai berada di emperan toko timur jalan.

Lumpia Samijaya Yogyakarta menyediakan dua menu lumpia yaitu lumpia ayam dan lumpia spesial dengan telur puyuh. Semua lumpia yang ditawarkan kedai ini berjenis lumpia goreng saja dan tidak menyediakan jenis lumpia basah seperti yang banyak dijumpai di kota asalnya (Semarang). Pengunjung dapat menikmatinya dengan cara dibungkus dengan kardus karena kedai ini hanya menyediakan kursi plastik saja.

Penyajian Lumpia Ayam dan Lumpia Spesial dikemas dalam kardus sederhana beralaskan kertas minyak. Sajian lumpia ini dinikmati dengan acar mentimun, cabe rawit hijau, dan saus bawang putih. Kulit lumpia terasa renyah atau yang biasa disebut dengan crispy. Minyak yang melekat pada kulit lumpia terlihat sedikit karena setelah digoreng dilakukan penirisan minyak terlebih dahulu. Campuran antara isi sayur dan daging ayam berimbang atau tidak ada yang menonjol diantara keduanya. Cita rasanya cenderung gurih tanpa ada dominasi rasa manis ataupun asin. Bila dibandingkan dengan cita rasa asli loenpia khas Semarang seperti Loenpia Gang Lombok, cita rasa yang ditawarkan sedikit berbeda karena sudah disesuaikan dengan cita rasa dan lidah masyarakat Yogyakarta.

Baca Juga  Lesehan Gule Sawah Kulon Progo Dan Menu Utama Gule Balung

Harga yang ditawarkan untuk satu potong lumpia cukup terjangkau dan cukup murah untuk ukuran jajanan kakilima di sepanjang Jalan Malioboro. Keberadaannya dapat menjadi penawar rasa lapar ketika berkeliling Malioboro di siang tanpa perlu memasuki restoran atau kedai yang berada di dalam pusat perbelanjaan (mall). Secara keseluruhan Lumpia Samijaya menjadi rekomendasi wisata kuliner yang wajib dicicipi apabila sedang berkunjung atau berwisata di kawasan Malioboro Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Lumpia Ayam : Rp 3.500,-

Lumpia Spesial : Rp 4.000,-

CABANG

  • Lumpia Samijaya Pusat. Toko Samijaya. Jl. Malioboro No. 18-20 Yogyakarta
  • Lumpia Samijaya Cabang Mataram. Jl. Mataram No. 44, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Makanan Khas Semarang:

    Wah ternyata ada juga lumpia khas yogyakarta ya. Kira-kira gimana ya rasanya. Jadi penasaran

    • admin:

      Hi, silakan dicicipi ya bila berkunjung ke Yogyakarta :-)

Kirim pendapat