Daftar Lokasi Demo Di Yogyakarta

Daftar Lokasi Demo Di Yogyakarta
Rate this post

Daftar kawasan yang biasa digunakan sebagai lokasi demo atau demonstrasi baik mahasiswa, organisasi, atau kelompok lain di sekitar Yogyakarta/Jogja antara lain :

Tugu Jogja

Perempatan monumen Tugu Jogja yang menghubungkan antara Jalan Jendral Sudirman, Jalan Pangeran Mangkubumi (sekarang Jalan Margo Utomo), Jalan Pangeran Diponegoro, dan Jalan A.M. Sangaji merupakan tempat yang paling sering digunakan sebagai lokasi demo.

Nol Kilometer

Perempatan Nol Kilometer yang berada diantara kawasan Malioboro dengan Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta dan dikelilingi bangunan Kantor Pos Besar Yogyakarta, Gedung Bank BNI Pusat Yogyakarta, Gedung Agung Yogyakarta, dan Monumen Serangan Oemoem Satoe Maret (SO1) merupakan tempat kedua yang paling sering digunakan sebagai lokasi demonstrasi setelah Tugu Jogja.

Bundaran UGM

Bundaran UGM yang berada di sebelah selatan Kompleks Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi salah satu tempat demonstrasi para mahasiswa kampus UGM.

Pertigaan UIN

Pertigaan UIN yang menghubungkan antara Jalan Laksda Adi Sucipto dengan Jalan Timoho menjadi salah satu tempat demonstrasi para mahasiswa kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat terjadi demo terjadi kemacetan parah dan panjang karena seluruh akses jalan ditutup oleh para demonstran. Pengguna kendaraan yang belum terjebak dapat melewati alternatif jalan lain ke Jalan Affandi (Jalan Gejayan) bil dari arah barat, Jalan Kusumanegara dari arah selatan, dan Jalan Ringroad Timur dari arah timur.

Kawasan Kusumanegara

Kawasan sekitar Jalan Kusumanegara pernah beberapa kali dilakukan demonstrasi oleh mahasiswa yang tinggal pada sebuah asrama yang berlokasi di tepi jalan. Asrama mahasiswa tersebut diapit oleh Hotel Fave (Fave Hotel Kusumanegara) dan Kampus 1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta.

Kirim pendapat