Lembah Posong, Pesona Wisata Lereng Gunung Sindoro

Lembah Posong, Pesona Wisata Lereng Gunung Sindoro
3.4 (68.57%) 14 votes

Wisata Alam Lembah Posong merupakan daya tarik wisata baru di daerah Kledung atau jalan utama yang menghubungkan dua kabupaten antara Temanggung dengan Wonosobo. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata yang ada sebelumnya seperti Rest Area Kledung dan Pendakian Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing dari Kledung. Panorama keindahan alam yang ditawarkan Wisata Alam Lembang Posong cukup menarik dengan menampilkan pemandangan utama lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro secara bersamaan.

Wisata Alam Lembah Posong terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Merupakan obyek wisata yang dirintis oleh masyarakat sekitar sejak awal tahun 2011 dan diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan sunrise (matahari terbit).

Papan Wisata Alam Posong Di Tepi Jalan Raya Temanggung-Wonosobo

Lokasi Wisata Alam Lembah Posong berada di daerah lereng Gunung Sindoro yang lokasinya tidak jauh dari jalan raya penghubung kota Temanggung dengan kota Wonosobo. Papan petunjuk arah menuju tempat ini cukup jarang dan ukurannya cukup kecil sehingga harus cermat dalam membaca informasi di tepi jalan. Pemerintah daerah sepertinya belum ikut campur mengelola kawasan wisata ini dan kabarnya saat ini dikelola oleh masyarakat sekitar.

Jalan Menuju Wisata Alam Posong Temanggung

Akses jalan menuju Wisata Alam Lembah Posong berupa jalan batu yang telah disusun secara rapi dan dipadatkan. Lebar jalan cukup sempit dan hanya mampu dilalui oleh sebuah kendaraan roda empat. Bila terjadi pertemuan kendaraan roda empat dari dua arah solusinya salah satu harus mengalah dan mencari tempat yang sedikit longgar untuk menepi. Bila belum terbiasa mengendarai kendaraan roda empat ditempat sempit disarankan membawa kendaraan roda dua saja.

Sesuai papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Lembah Posong, kendaraan yang kami kendarai memasuki jalan sempit diantara rumah penduduk. Beberapa puluh meter berselang, kami menemui pos atau gerbang masuk Wisata Alam Lembah Posong. Pos masuk ini berfungsi sebagai pos penjagaan dan pos penarikan retribusi masuk. Retribusi masuk ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang mengelola kawasan Wisata Alam Lembah Posong. Masyarakat sekitar yang bekerja dan mengelola kawasan ini tergabung sebagai kelompok sadar wisata desa Posong.

Daya Tarik Wisata Alam Lembah Posong selain pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah ‘watu mlongso’ yang merupakan medan sungai mati hasil bentukan erupsi Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’.

Pemandangan Gunung Sumbing Dari Wisata Alam Posong Temanggung

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan berbatu yang dipadatkan dengan medan sedikit menanjak sejauh 3,5 kilometer. Medan jalanan cukup berliku dan banyak persimpangan jalan. Kondisi jalan kadang terasa licin ketika basah karena hujan atau embun dari kabut gunung. Disebelah kiri kanan jalan terdapat parit kecil yang kadang tertutup oleh rerumputan. Diharapkan pengunjung selalu berhati-hati dan memperhatikan papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Lembah Posong.

Pemandangan yang terlihat selama perjalanan menuju lokasi Wisata Alam Lembah Posong sungguh menarik dan tidak membosankan. Pengunjung akan dihibur dengan pemandangan ladang perkebunan penduduk yang cukup luas dengan terasering yang tampil apik. Tidak ada bangunan rumah disepanjang perjalan menjadikan suasana tampak alami dan terasa berada di alam bebas. Beberapa tanaman perkebunan dan pertanian di sekitar Lembah Posong yang ditanam oleh masyarakat sekitar antara lain kopi, cengkeh, tembakau, dan sayur-sayuran.

Fasilitas penunjang Wisata Alam Lembah Posong dibangun oleh masyarakat sekitar dengan dana swadaya masyarakat. Fasilitas yang telah dibangun antara lain akses jalan berbatu, kamar mandi umum, musholla, rumah makan, area parkir, saung atau gasebo, dan rencananya akan dibangun rumah kecil semi permanen untuk disewakan buat wisatawan.

Wisata Alam Posong Berlatar Gunung Sindoro

Kami sempat berhenti beberapa kali untuk menikmati panorama alam yang terlihat indah saat perjalanan. Suasana tampak tenang, angin yang semilir sejuk, dan membuat betah wisatawan termasuk kami. Beberapa kali kami berpapasan dengan para petani yang berlalu lalang menuju ke ladang. Mereka tampak ramah menyambut wisatawan yang sedang berkunjung ke tempat ini. Pemandangan semacam ini cukup langka didapat ketika berwisata di obyek wisata yang cukup terkenal dan seringkali penduduk sekitar hanya mengejar keuntungan semata dari kawasan wisata.

Gubug Peristirahatan di Wisata Alam Posong Temanggung

Perjalanan hampir 20 menit kami habiskan untuk menuju ke lokasi Wisata Alam Lembah Posong dengan mengendarai kendaraan secara pelan-pelan. Kendaraan kami parkir di area parkir yang baru saja selesai dibangun. Beberapa fasilitas pendukung masih tampak baru seperti musholla, taman kecil, dan beberapa saung di bagian sebelah atas. Sepertinya obyek wisata ini mengalami pembangunan secara bertahap karena minimnya dana dan sulitnya membawa bahan material menuju lokasi.

Pemadangan Dari Gardu Pandang Wisata Alam Posong Temanggung

Kami berkeliling kawasan Wisata Alam Lembang Posong dan menikmati pemandangan Gunung Sumbing dari lereng Gunung Sindoro. Udara cukup sejuk meskipun memasuki waktu siang hari. Pengunjung bebas berjalan mengelilingi kawasan ini dan beberapa saung atau gasebo yang ada disediakan untuk beristirahat dan bersantai.

Beberapa warung kecil menawarkan makanan dan minuman yang biasa yang ditemukan di obyek wisata lain. Sebut saja mie instan, minuman ringan, makanan ringan, dan sebagainya. Namun ada cirikhas di tempat ini yaitu seduhan kopi yang ditanam disekitar Lembang Posong dan menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Kami sempat mencicipinya dan harganya cukup murah dibandingkan saat membeli kopi nusantara di warung-warung kopi perkotaan.

TeamTouring di Lembah Posong

Pemandangan alam yang indah dan lokasi yang masih asri dan alami membuat Wisata Alam Lembah Posong cocok digunakan sebagai wisata keluarga ataupun wisata yang berhubungan dengan alam. Homestay yang disediakan saat ini baru di area pemukiman warga yang berada di sebelah bawah atau dekat dengan gerbang masuk. Informasi mengenai panorama matahari terbit (sunrise) yang menjadi unggulan tempat ini dan favorit turis mancanegara akan kami coba dilain waktu dan membuktikan apakah tidak kalah dengan panorama sunrise dari Bukit Sikunir Dieng. (text/foto: annosmile)

PAKET WISATA

1. Camp Site/Private Camp

Rate 150.000 IDR/pax (min 10 pax)

Incuded :

  • Tent / Tenda lengkap ( Bed, sleeping bed, pillow , lighting) with 3 room 1 family room
  • Bond fire
  • Lampions
  • 2 Coffee break
  • 1 Breakfast
  • 24 jam safety

2. Out Ward Bound

Rate :

  • Fun Game : 50.000 IDR/persons (min 10 persons)
  • Hight Rope Game : 20.000 IDR/game/persons (min 20 persons)
  • Survival Training 1 Day : 200.000 IDR/persons (min 10 participants)
  • Jungle Traking : 150.000 IDR/persons (min 10 participants)
  • Mountaineering : 400.000 IDR/guide
  • Life in : 400.000 IDR/persons (3 days)

3. 2 Mounth Sunrise – Sunset

Rate : 100.000 IDR

Included :

  • Local transport
  • 1 x Coffe break
  • Lunch
  • Guide Ticket

4. Sindoro Arround Trip

Rate : 350.000 IDR/persons (min 20 persons)

Included :

  • Camp Site
  • Local transport
  • 5 Hours arround sindoro mountain by mini bus
  • 2 Meals
  • 3 Coffe break
  • Guide
  • Ticket

5. Tubing

Rate : 79.000 IDR

Included:

  • Local transpotation
  • Safety (13 km)
  • Soft documentation
  • 1 x coffe break

—–

*harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan*
*informasi lebih lanjut hubungi pengelola paket wisata Lembah Posong Sindoro*

INFORMASI
Wisata Alam Lembah Posong Sindoro
Jl. Parakan-Wonosobo Km. 09, desa Tlahab, kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56254
Telp/Hp : 0813 9297 3130
Email: zunydjogoreso@gmail.com
Website : http://posong-indonesia.com

Retribusi
Tiket masuk : Rp 7.000,-/orang
Parkir : gratis

PETA

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. paket wisata dieng:

    mantap

Kirim pendapat