Lembah Menguneng, Spot Menikmati Matahari Terbit Di Pantai Menganti Kebumen

Lembah Menguneng merupakan salah satu spot atau titik wisata di dalam kawasan Pantai Menganti Kebumen. Keberadaannya menjadi pelengkap daya tarik wisata Pantai Menganti yang dulu lebih terkenal sebagai kawasan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Posisinya yang menghadap ke arah timur cukup menarik menjadi tempat menikmati matahari terbit.

Lembah Menguneng beralamat di kawasan Pantai Menganti, desa Karangduwur, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Lokasi Lembah Menguneng berada di perbukitan sisi timur dari kawasan Pantai Menganti. Untuk menuju ke lokasi ini dari area parkir yang berada di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karangduwur Pantai Menganti ke arah selatan menaiki bukit. Selanjutnya ketika menemukan pertigaan ambil arah ke kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Lembah Menguneng. Posisi Lembah Menguneng berada di sebelah selatan dari Pantai Karangboto. Akses jalan setapak sudah cukup baik dan aman untuk dilewati.

Lembah Menguneng di kawasan pantai Menganti sebenarnya hanyalah sebuah bebatuan yang menjorok ke arah laut dan posisinya lebih rendah dari perbukitan yang ada di sekelilingnya. Posisinya masih berada di atas tebing perbukitan dan tidak ada area landai tepi pantai karena langsung berhadapan dengan lautan dalam. Pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan lautan dari atas batu yang dikelilingi pagar pengaman. Spot ujung bebatuan terebut menarik digunakan sebagai spot berfoto atau selfie. Pengelola pantai membangun 2 (dua) buah gasebo untuk bersantai dan berteduh dari sengtan sinar matahari siang yang panas. Tidak dikenakan biaya ketika menggunakan fasilitas di area ini.

Waktu yang tepat mengunjungi Lembah Menguneng pada saat pagi hari dimana ketika matahari terbit atau sunrise. Posisinya menghadap ke arah timur menjadikan tempat ini cocok untuk menikmati indahnya matahari terbit dari garis cakrawala laut atau dari balik tebing pantai. Namun pada siang hari yang cerah tempat ini tidak kalah menariknya karena disuguhkan pemandangan lautan samudera yang biru dan kontur alam yang menarik. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Sajian Kopi Di Lereng Tenggara Gunung Ungaran
INFORMASI
Lembah Menguneng
Pantai Menganti, desa Karangduwur, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kirim pendapat