Tahu Kupat Pelopor, Kuliner Tempo Dulu Depan Eks Stasiun Blabak Magelang

Tahu Kupat Pelopor merupakan daya tarik kuliner tahu kupat di sekitar kawasan Blabak Magelang. Keberadaan warung ini cukup legendaris dan telah berdiri sejak tahun 1965. Pada zaman dahulu letak warung ini cukup strategis karena berada di depan bangunan Stasiun Kereta Api Blabak yang sekarang jalur kereta apinya sudah non aktif dan terkena pelebaran jalan.

Warung Tahu Kupat Pelopor beralamat di Jalan Raya Jogja-Magelang, dusun Blabak, desa Mungkid, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512.

Lokasi Warung Tahu Kupat Pelopor berada di tepi Jalan Raya Jogja-Magelang yang menghubungkan antara Muntilan dengan kota Magelang. Posisi warung ini berada di sebelah kiri jalan dari arah Muntilan sebelum persimpangan jalan utama penghubung antara Blabak dengan arah Sawangan dan Boyolali. Area parkir kendaraan yang disediakan meggunakan area depan warung yang sempit dan cukup untuk 3 (tiga) kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua. Menu yang ditawarkan warung ini adalah sajian tahu kupat dan aneka minuman.

Penyajian tahu kupat di Warung Tahu Kupat Pelopor disajikan diatas piring tanggung berwarna putih. Dalam sepiring tahu kupat berisi potongan tahu halus, potongan ketupat (kupat), kecambah (tauge), bawang goreng, potongan kubis, dan rajangan daun seledri. Komposisi penyusun tahu kupat khas Blabak ini sedikit berbeda dengan kupat tahu khas Magelang seperti Kupat Tahu Pak Slamet dimana tidak ada tempe bacem, bakwan goreng, ataupun telur dadar goreng. Kuahnya pun menggunakan kuah kecap encer dicampur dengan bumbu seperti kupat tahu pada umumnya. Rasa pedas atau cabe uleg diletakkan terpisah di tepi piring dan pengunjung dipersilakan mengaduk sendiri.

Baca Juga  Soto Sutri, Salah Satu Legenda Kuliner Soto Sokaraja Banyumas

Porsi tahu kupat di Warung Tahu Kupat Pelopor tergolong pas atau bisa dibilang tidak sedikit dan tidak banyak. Komposisi penyusun lebih dominan tahu daripada kupat sehingga disebut tahu kupat bukan kupat tahu walaupun perbedaannya tipis. Cita rasa yang ditawarkan cenderung gurih dan sedikit manis. Kadar manis yang ditawarkan masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Harga yang ditawarkan tergolong murah dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Tahu Kupat Pelopor dapat menjadi salah satu pilihan bersantap kuliner kupat tahu di tepi Jalan Raya Magelang tepatnya di daerah Blabak yang terdapat jalur utama menuju obyek wisata Ketep Pass dan Air Terjun Kedung Kayang di lereng Gunung Merbabu. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Tahu Kupat Pelopor
Jl. Raya Jogja-Magelang, dusun Blabak, desa Mungkid, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ikhsan:

    Wah, akhirnya Kupat Tahu di review sama Blogger seleb juga hehe

Kirim pendapat